Berita

Latih Jiwa Entrepreneurship SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna Gelar Market Day

Bagikan:

Tegal, Maarifnujateng.or.id – Dengan Mengambil tema “ Membangun Jiwa Entrepreunship sejak dini SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna Kabupaten Tegal  menyelenggarakan kegiatan  Market Day  di  halaman sekolah pada hari Senin tanggal 16 Maret 2020 kemarin.

Market Day itu sendiri  merupakan Salah satu contoh aplikasi pendidikan terintegrasi kewirausahaan dengan melibatkan semua siswa dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa berdasakan kelas secara bergantian untuk membuat produk yang memiliki nilai jual dan bermanfaat bagi selurus civitas academica sekolah.

Kemudian siswa diminta untuk menjual produknya (distribusi), sedangkan siswa yang lainnya termasuk para guru bertanggung jawab sebagai konsumen (pembeli). Kegiatan Market Day ini dilakukan secara  secara klasikal artinya diproduksi dengan berkelompok sesuai minat siswa dan produk yang akan diproduksi.

Market Day ini juga bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa berjual beli yang benar, , membantu siswa dalam memahami pelajaran yang berkaitan dengan kegiatan Market Day, serta menanamkan nilai-nilai syari’at Islam yang benar dalam berjual beli.

Demikan di sampaikan oleh Ibu Isnaini Arina Khasbana, S.Pd  sebagai guru Mata Pelajaran IPS di SMP NU Sunan Kalijaga Adiwerna . Sebenarnya kegiatan tersebut  hampir saja di  batalkan Karena merebaknya wabah virus Corona , tapi alhamdulillah atas dukungan dari semua pihak  kegiatan Market Day ini dapat terlaksana dengan lancar tambahnya

Kegiatan Market Day bukan hanya mengajarkan tata cara bertransaksi bagi siswa. Tetapi banyak nilai moril yang bisa ditanamkan kepada para siswa, seperti kemandirian, kedisiplinan, kejujuran dan  tanggung jawab,

Adapun harapan dari Ripai  selaku kepala Sekolah berharap kegiatan Market Day ini bisa terlaksana  setiap tahun Karena manfaatnya sangat terasa untuk seluruh warga seluruh khususnya untuk  siswa sendiri. (Admin).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan