• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Sastra Pustaka

Bedah Konsep Two-Tier Test dalam Pembelajaran di Kelas

01/11/2019
in Pustaka
Reading Time: 2min read
0 0
0
Bedah Konsep Two-Tier Test dalam Pembelajaran di Kelas
0
SHARES
28
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Oleh Anisa Rachma Agustina

Biodata Buku:
Judul: Analisa Pemahaman Konsep? Two-tier Test sebagai Alternatif
Penulis: Ela Suryani, M.Pd
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
Cetakan: 1 Januari 2019
Tebal: 21 x 14 cm, vii+62 Halaman
ISBN: 978-602-53552-6-4

Seorang guru harus mempunyai konsep tersendiri agar apa yang diajarkan kepada peserta didik merasuk dan meresap kepada mereka, guru harus memiliki trik laiknya pesulap agar proses pembelajaran tidak monoton. Guru juga harus memiliki pedoman pembelajaran agar apa yang dibicarakan di kelas tidak melenceng dan jauh dari apa yang ingin disampaikan.

Penulis buku ini telah meneliti pemahaman konsep peserta didik yang berkelanjutan dari tingkat SD hingga Perguruan tinggi. Peserta didik memiliki tingkat pemahaman konsep yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pendidik harus mengetahui cara menganilis pemahaman konsep yang telah dicapai oleh setiap peserta didiknya. (Hlm. v)

Bacajuga:

Kiat Cerdas Memahami Substansi Ibadah

Kiat Cerdas Memahami Substansi Ibadah

15/05/2022
5
Etika Proses Menuntut Ilmu Seorang Pembelajar

Etika Proses Menuntut Ilmu Seorang Pembelajar

06/05/2022
11
Damai Sedamai-damainya

Damai Sedamai-damainya

29/04/2022
121
Yang Bekerja di Balik Bahasa

Yang Bekerja di Balik Bahasa

23/04/2022
3

Pembaca buku ini diharapkan dapat memahami konsep-konsep yang disajkan penulis, juga sebagai acuan mengajar untuk para penididik yang baru terjun ke dunia pendidikan. Dalam buku ini terdapat konsep dasar pemahaman konsep, hakikat Two-Tier Test, analisis pemahaman konsep, instrumen, dan beberapa contoh pedoman yang dapat digunakan pendidik dalam mengungkapkan profil pemahaman konsep peserta didik.

Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu tersebut diketahui dan diingat. Pemahaman merupakan jenjang kemampuan berpikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan atau hafalan. Peserta didik dikatakan memahami sesuatu apabila dapat memberi penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang hal itu dengan menggunakan kata-katanya sendiri. (Hlm. 2)

Guru bertugas mendidik sekaligus mentransfer ilmu pengetahuan, memahamkan materi ajar agar sampai dengan saksama kepada peserta didik dengan konsep tersendiri sampai anak-anak dapat memahami makna dari setiap pertemuan, mengambil kesimpulan dari materi yang diajarkan dan mengambil nilai-nilai positif dari sebuah pembelajaran.

Dalam buku ini juga disajikan Taksonomi Bloom revisi dapat ditarik kesimpulan bahwa domain pemahaman konsep apabila peserta didik telah mencapai tahapan memahami artinya peserta didik telah menguasai domain mengingat dan memahami. Terdapat 7 indikator yang dpat dikembangkan dalam tingkatan proses kognitif pemahaman yang ditunjukan pada tabel ke dua yaitu Kategori dan Proses Kognitif Pemahaman. (Hlm. 4) jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang tabel ini buku ini sangat wajib anda miliki.

Bagian kedua dari buku ini membahas tentang Two-Tier Test yang merupakan tes bentuk pilihan ganda tingkat dua dengan mencantumkan alasan peserta didik dalam menjawab pertanyaan untuk mengetahui pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik pada pokok tertentu. two-tier test memiliki keuntungan diantaranya. Dapat menurunkan kesalahan pengukuran pemahaman peserta didik karena 20% peserta didik menjawab benar karena menebak, yang kedua memiliki format yang digunakan untuk mengukur dua aspek pada keadaan yang sama yang pertama peserta didik mampu menjawab soal tentang materi yang ditanyakan dan yang kedua peserta didik mampu memberikan alasan untuk jawabannya. (Hlm. 8).

Dengan menggunakan Two-Tier Test diharapkan peserta didik mampu menganalisa alasan menggapa mereka bisa menjawab tersebut tidak hanya asal-asalan menjawab. Mereka juga dapat mengambil kesimpulan dari jawaban yang nereka pilih. Metode ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep peserta didik, sehingga guru dapat dengan mudah mengetahui derajat dan profil pemahaman konsep yang dimiliki msing-masing peserta didik.

Buku ini juga menyediakan instrumen yang perlu dilengkapi dalam menganalisis pemahaman konsep peserta didik diantaranya silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, lembar kerja kelompok, alat evaluasi, pedoman wawancara. (Hlm. 16) jadi untuk para guru pemula yang belum mengetahui apa itu RPP, Silabus, dll. Dalam buku ini juga disediakan contoh RPP beserta isinya termasuk jadwal kegiatan yang bisa dijadikan pedoman seorang guru dari pembukaan, pembelajaran, hingga penutup terdapat juga materi ajar, contoh lembar kerja kelompok, dan juga contoh beberapa soal pilihan ganda. Jadi segera miliki buku ini.

-Peresensi adalah Mahasiswi Prodi PAI STAINU Temanggung

Tags: Anisa Rachma AgustinaBedah Konsep Two-Tier Test dalam Pembelajaran di KelasNU JatengPilar Nusantara
ShareSendTweet
Previous Post

LP Ma`arif NU Jateng dan UNICEF Gelar Workshop SIPBM di Kabupaten Semarang

Next Post

Rindu Menggebu

Related Posts

Kiat Cerdas Memahami Substansi Ibadah
Pustaka

Kiat Cerdas Memahami Substansi Ibadah

15/05/2022
5
Etika Proses Menuntut Ilmu Seorang Pembelajar
Pustaka

Etika Proses Menuntut Ilmu Seorang Pembelajar

06/05/2022
11
Damai Sedamai-damainya
Pustaka

Damai Sedamai-damainya

29/04/2022
121
Next Post
Rindu Menggebu

Rindu Menggebu

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2.1k Fans
  • 1.5k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

20/03/2020
Urgensi Statistika dalam Pendidikan

Urgensi Statistika dalam Pendidikan

24/07/2020
Urgensi Berpuasa dari Media Sosial

Membebaskan Pikiran dari Terorisme Digital

40
Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

33
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

31
Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

29
Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022

Tulisan Terbaru

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
0
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022
11
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • #harlahansor #harlahansor88
  • #harlahfatayatnu #harlahfatayatnu72
  • #maarifnujateng #maarifnu #maarif #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng
  • Marhaban ya Ramadhan..
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #pergunupusat #harlahpergunu #harlahpergunu70
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #harlahpergunu70 #harlahpergunu
  • #pwnujateng #pwnu #pwnujawatengah #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • #pwnujateng #pwnujawatengah #pwnu #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • Mugi husnul khatimah, yai...

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Sekolah dan Madrasah Unggulan
  • Unduh
  • Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version