Oleh Anisa Rachma Agustina
Biodata Buku:
Judul: Analisa Pemahaman Konsep? Two-tier Test sebagai Alternatif
Penulis: Ela Suryani, M.Pd
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
Cetakan: 1 Januari 2019
Tebal: 21 x 14 cm, vii+62 Halaman
ISBN: 978-602-53552-6-4
Seorang guru harus mempunyai konsep tersendiri agar apa yang diajarkan kepada peserta didik merasuk dan meresap kepada mereka, guru harus memiliki trik laiknya pesulap agar proses pembelajaran tidak monoton. Guru juga harus memiliki pedoman pembelajaran agar apa yang dibicarakan di kelas tidak melenceng dan jauh dari apa yang ingin disampaikan.
Penulis buku ini telah meneliti pemahaman konsep peserta didik yang berkelanjutan dari tingkat SD hingga Perguruan tinggi. Peserta didik memiliki tingkat pemahaman konsep yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pendidik harus mengetahui cara menganilis pemahaman konsep yang telah dicapai oleh setiap peserta didiknya. (Hlm. v)
- Iklan -
Pembaca buku ini diharapkan dapat memahami konsep-konsep yang disajkan penulis, juga sebagai acuan mengajar untuk para penididik yang baru terjun ke dunia pendidikan. Dalam buku ini terdapat konsep dasar pemahaman konsep, hakikat Two-Tier Test, analisis pemahaman konsep, instrumen, dan beberapa contoh pedoman yang dapat digunakan pendidik dalam mengungkapkan profil pemahaman konsep peserta didik.
Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu tersebut diketahui dan diingat. Pemahaman merupakan jenjang kemampuan berpikir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan atau hafalan. Peserta didik dikatakan memahami sesuatu apabila dapat memberi penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang hal itu dengan menggunakan kata-katanya sendiri. (Hlm. 2)
Guru bertugas mendidik sekaligus mentransfer ilmu pengetahuan, memahamkan materi ajar agar sampai dengan saksama kepada peserta didik dengan konsep tersendiri sampai anak-anak dapat memahami makna dari setiap pertemuan, mengambil kesimpulan dari materi yang diajarkan dan mengambil nilai-nilai positif dari sebuah pembelajaran.
Dalam buku ini juga disajikan Taksonomi Bloom revisi dapat ditarik kesimpulan bahwa domain pemahaman konsep apabila peserta didik telah mencapai tahapan memahami artinya peserta didik telah menguasai domain mengingat dan memahami. Terdapat 7 indikator yang dpat dikembangkan dalam tingkatan proses kognitif pemahaman yang ditunjukan pada tabel ke dua yaitu Kategori dan Proses Kognitif Pemahaman. (Hlm. 4) jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang tabel ini buku ini sangat wajib anda miliki.
Bagian kedua dari buku ini membahas tentang Two-Tier Test yang merupakan tes bentuk pilihan ganda tingkat dua dengan mencantumkan alasan peserta didik dalam menjawab pertanyaan untuk mengetahui pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik pada pokok tertentu. two-tier test memiliki keuntungan diantaranya. Dapat menurunkan kesalahan pengukuran pemahaman peserta didik karena 20% peserta didik menjawab benar karena menebak, yang kedua memiliki format yang digunakan untuk mengukur dua aspek pada keadaan yang sama yang pertama peserta didik mampu menjawab soal tentang materi yang ditanyakan dan yang kedua peserta didik mampu memberikan alasan untuk jawabannya. (Hlm. 8).
Dengan menggunakan Two-Tier Test diharapkan peserta didik mampu menganalisa alasan menggapa mereka bisa menjawab tersebut tidak hanya asal-asalan menjawab. Mereka juga dapat mengambil kesimpulan dari jawaban yang nereka pilih. Metode ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep peserta didik, sehingga guru dapat dengan mudah mengetahui derajat dan profil pemahaman konsep yang dimiliki msing-masing peserta didik.
Buku ini juga menyediakan instrumen yang perlu dilengkapi dalam menganalisis pemahaman konsep peserta didik diantaranya silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, lembar kerja kelompok, alat evaluasi, pedoman wawancara. (Hlm. 16) jadi untuk para guru pemula yang belum mengetahui apa itu RPP, Silabus, dll. Dalam buku ini juga disediakan contoh RPP beserta isinya termasuk jadwal kegiatan yang bisa dijadikan pedoman seorang guru dari pembukaan, pembelajaran, hingga penutup terdapat juga materi ajar, contoh lembar kerja kelompok, dan juga contoh beberapa soal pilihan ganda. Jadi segera miliki buku ini.
-Peresensi adalah Mahasiswi Prodi PAI STAINU Temanggung