• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Sastra Pustaka

Sekolah Inklusi untuk Anak-anak “Special Needs”

04/12/2020
in Pustaka
Reading Time: 4min read
0 0
0
Sekolah Inklusi untuk Anak-anak “Special Needs”

Pelangi Kecil yang Berlarian di Lorong Kelas

0
SHARES
62
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Oleh Sam Edy Yuswanto*

Judul Buku: Pelangi Kecil yang Berlarian di Lorong Kelas

Penulis : Amry Al Mursalaat

Penerbit: Laksana

Bacajuga:

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022
11
Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia

Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia

10/06/2022
8
Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya

Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya

03/06/2022
69
Salat Sebagai Terapi dan Transformasi Diri

Salat Sebagai Terapi dan Transformasi Diri

20/05/2022
11

Cetakan: I, 2020

Tebal   : 168 halaman

ISBN   : 978-602-407-770-9

Anak-anak berkebutuhan khusus biasa disebut dengan “special needs”. Mereka juga acap dijuluki sebagai kaum penyandang disabilitas. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra dalam merawat dan menghadapi anak-anak yang pada hakikatnya ‘istimewa’ tersebut. Dalam buku ini, penulis yang pernah menjalani profesi sebagai seorang guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), akan menguraikan kisahnya saat mendidik anak-anak “special needs” yang diwarnai dengan suka dan duka.

Anak-anak penyandang disabilitas, sebagaimana dijabarkan dalam UU No. 35 tentang Perlindungan Anak pasal 70, merupakan kelompok anak-anak yang perlu mendapatkan perlindungan khusus melalui perlakuan secara manusiawi sesuai martabat dan hak anak, pemenuhan kebutuhan khusus, perlakuan yang sama dengan anak lainnya untuk mencapai integritasi sosial sepenuhnya dan pengembangan individu, serta pendampingan sosial (halaman 23).

Dalam perkembangnnya, anak-anak penyandang disabilitas terbagi menjadi beberapa kelompok. Dalam buku ini, penulis berusaha memaparkannya secara terperinci. Pertama, disabilitas fisik. Yakni anak yang mengalami gangguan fungsi gerak antara lain amputasi, lumpuh layu atau kaku, paraplegia, cerebral palsy (kelaianan saraf otak), akibat stroke, akibat kusta, dan lain sebagainya. Salah satu disabilitas fisik adalah disabilitas daksa, dalam hal ini anak mengalami gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuromuskular (saraf otot) dan struktur tulang yang bersifat bawaan seperti cerebral palsy dan kelumpuhan akibat penyakit polio, dan/atau kecelakaan.

Kedua, disabilitas intelektual. Dalam hal ini anak penyandang disabilitas mengalami gangguan fungsi pikir karena tingkat kecerdasan di bawah rata-rata. Ketiga, disabilitas mental. Yakni penyandang disabilitas yang mengalami gangguan fungsi pikir, emosi, dan perilaku. Antara lain psikososial seperti skizofrenia, bipolar, depresi, gangguan kepribadian, dll.

Keempat, disabilitas sensorik. Dalam hal ini, penyandang disabilitas mengalami gangguan fungsi salah satu indra, antara lain disabilitas netra, disabilitas rungu, dan/atau disabilitas wicara. Kelima, disabilitas ganda atau multi. Dalam hal ini, anak mempunyai dua atau lebih ragam disabilitas, antara lain disabilitas rungu-wicara dan disabilitas netra-tuli. Anak disabilitas ganda adalah anak yang memiliki dua atau lebih gangguan, sehingga diperlukan pendampingan, pelayanan khusus, dan alat bantu belajar yang lebih khusus lagi (halaman 26).        

Sekolah inklusi menjadi tempat yang tepat bagi penulis untuk mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah inklusi adalah sekolah reguler yang menerima anak berkebutuhan khusus (ABK) dan menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan murid-muridnya. Secara singkatnya, sekolah inklusi ini berupaya menggabungkan ABK dengan anak reguler (anak-anak secara umum) dalam satu kelas.

Sebagai seorang guru pendamping khusus bagai anak-anak berkebutuhan khusus, penulis memiliki tugas yang cukup berat dalam mendampingi mereka untuk belajar sekaligus mengajarkan kemandirian. Termasuk juga tentang bagaimana caranya bersosialisasi, berinteraksi, dan mengembangkan ragam bakat yang dimilikinya. Penulis menyebut anak-anak istimewa itu dengan panggilan “pelangi-pelangi kecil”.

Salah satu cara dalam menghadapi anak-anak “special needs” adalah dengan memberikan perhatian dan sering mengajaknya berdialog atau bercakap-cakap. Terlebih saat melihat mereka tengah dirundung persoalan. Ketika tengah berdialog, usahakan mengarahkan wajah anak agar menatap lawan bicaranya. Tujuannya tentu agar anak berusaha fokus dengan ucapannya.

Hal ini juga dipraktikkan langsung oleh penulis. Misalnya, ketika ia melihat Patrick, salah satu muridnya yang wajahnya terlihat kurang ceria, tampak sedih, bahkan tidak bergairah sama sekali. Setelah diselidiki, ternyata Patrick sedang merasakan kesedihan dan kegelisahan karena ibunya sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Penulis lantas berusaha menghiburnya dengan cara mengajaknya berdialog dari hati ke hati, sekaligus mengajak Patrick berdoa, memohon pada Tuhan agar sang ibu diberi kesembuhan (halaman 69).

Melihat kesedihan Patrick atas kondisi ibunya yang sakit sontak menyadarkan penulis bahwa anak penyandang disabilitas pun sama seperti anak-anak kebanyakan yang bisa merasakan kesedihan dan mampu menyimpan rasa kasih sayang yang begitu besar kepada orangtua yang disayanginya. Tugas kita dan masyarakat adalah berusaha peka dengan perasaan mereka dan coba berinteraksi secara perlahan-lahan. Jangan sampai mereka tumbuh menjadi anak yang dikucilkan oleh orangtua dan masyarakat.

Yang menarik ketika mengajar anak-anak “special needs” adalah saat penulis berusaha membantu mengembangkan bakat setiap anak. Meski pertumbuhan mereka berbeda dengan anak-anak kebanyakan, tapi ternyata mereka juga memiliki beragam bakat yang sangat mengagumkan dan membanggakan orangtua mereka. Setelah dilakukan observasi terlebih dahulu, maka diputuskan pengembangan bakat terbagi menjadi beberapa kelompok kecil. Ada pengembangan bakat melukis, menggambar, menari, musik, dan bernyanyi.

Pengembangan bakat tersebut merupakan program rutin khusus untuk anak-anak “special needs”. Selain untuk melatih potensi mereka, program ini juga berusaha menyadarkan para orangtua yang masih sering memaksakan anaknya untuk terus berurusan dengan hal-hal akademik. Padahal, kemampuan dan kelebihan itu tak melulu soal akademik atau tentang nilai-nilai di kelas. Karya seni pun merupakan sebuah kelebihan yang harus dipandang dan diapresiasi oleh orangtua. Seni adalah potensi alamiah yang dimiliki anak-anak, yang jika terus dikembangkan bisa menjadi nilai lebih yang sangat luar biasa bagi anak-anak “special needs” (halaman 80).

Salah satu anak berkebutuhan khusus yang memiliki potensi luar biasa adalah Raihan. Ia adalah sosok yang sangat hiperaktif. Tapi uniknya, ia memiliki hobi membaca dan bermain musik. Ia hanya bisa diam di dua momen, yakni saat bermain musik atau membaca. Hal yang mencengangkan, Raihan bisa cepat menangkap pelajaran musiknya dan dapat bermain musik dengan not-not tertentu. Bahkan ia pun mampu memainkan beberapa alat musik. Selain pianika, ia juga bermain piano dan suling.

Atas dasar itulah, penulis lantas berkeyakinan bahwa anak-anak “special needs” memiliki potensi luar biasa dalam dirinya. Tugas kita sebagai orangtua, guru pendamping, atau siapa pun yang ada di lingkungannya, adalah berusaha menggali bakat tersebut dan membantu untuk mengembangkannya.                  

-Sam Edy Yuswanto, penulis lepas mukim di Kebumen.

Tags: Sam Edy YuswantoSekolah Inklusi untuk Anak-anak “Special Needs”
ShareSendTweet
Previous Post

Profil Dosen STAINU Temanggung

Next Post

Pesan Dewan Pakar Pada Pengukuhan Pengurus FPMI

Related Posts

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan
Pustaka

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022
11
Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia
Pustaka

Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia

10/06/2022
8
Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya
Pustaka

Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya

03/06/2022
69
Next Post

Pesan Dewan Pakar Pada Pengukuhan Pengurus FPMI

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2.1k Fans
  • 1.5k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

20/03/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Urgensi Statistika dalam Pendidikan

Urgensi Statistika dalam Pendidikan

24/07/2020
Urgensi Berpuasa dari Media Sosial

Membebaskan Pikiran dari Terorisme Digital

40
Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

33
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

31
Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

29
Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022

Hidup Harus Pandai Mengambil Hikmah

23/06/2022
Pendeta, Santri dan Pesantren

Pembentukan Karakter Anak Lewat Praktik Ibadah

26/06/2022
Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

26/06/2022

Tulisan Terbaru

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022
11

Hidup Harus Pandai Mengambil Hikmah

23/06/2022
3
Pendeta, Santri dan Pesantren

Pembentukan Karakter Anak Lewat Praktik Ibadah

26/06/2022
2
Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

26/06/2022
3
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • Pengumuman daftar pemenang 10 terbaik Lomba Best Practice Madrasah/Sekolah Unggulan LP Ma
  • #harlahansor #harlahansor88
  • #harlahfatayatnu #harlahfatayatnu72
  • #maarifnujateng #maarifnu #maarif #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng
  • Marhaban ya Ramadhan..
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #pergunupusat #harlahpergunu #harlahpergunu70
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #harlahpergunu70 #harlahpergunu
  • #pwnujateng #pwnu #pwnujawatengah #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • #pwnujateng #pwnujawatengah #pwnu #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Sekolah dan Madrasah Unggulan
  • Unduh
  • Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version