• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Sastra Pustaka

Menelaah Kuantitas Pendidikan Anak

16/10/2020
in Pustaka
Reading Time: 4min read
0 0
0
Menelaah Kuantitas Pendidikan Anak

Nilai-Nilai Pendidikan Anak

0
SHARES
34
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Judul   Buku: Nilai-Nilai Pendidikan Anak

Penulis: Hafidz

Penerbit: CV. Pilar Nusantara

Cetakan: Desember 2019

Bacajuga:

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022
11
Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia

Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia

10/06/2022
8
Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya

Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya

03/06/2022
69
Salat Sebagai Terapi dan Transformasi Diri

Salat Sebagai Terapi dan Transformasi Diri

20/05/2022
11

Tebal: 13 X 17,5 cm, xii + 70 Halaman

ISBN: 978-623-7590-34-7

Anak adalah investasi masa depan yang harus di bina dan dididik sesuai dengan tuntunan, anak yang baru lahir laiknya sebuah kertas kosong, dan orang tua memiliki peran yang penuh untuk mengisi kekosongan dari kertas tesebut. Menanamkan nilai positif pada anak harus diberikan sejak dini. Nilai merupakan suatu hal yang amat penting yang harus ditanamkan pada jiwa setiap anak supaya terbentuk karakter yang berkualitas. Orangtua sebagai media pertama anak belajar memahami tentang dunia seyogyanya lebih memahami nilai pendidikan sebelum menyalurkan pada buah hati mereka.

Sebuah keniscayaan bahwa hubungan antara nilai dan pendidikan sangat erat. Nilai dilibatkan dalam setiap tindakan pendidikan, baik dalam memilih maupun memutuskan setiap hal untuk kebutuhan belajar. Melalui presepsi nilai, orangtua dapat mengevaluasi anak. Masyarakat dapat merujuk sejumlah nilai benar-salah, baik-buruk, indah-tidak, saat mempertimbangkan kelayakan pendidikan yang dialami oleh anak. Inilah pentingnya nilai untuk peserta didik dapat bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan sekitar. (Hlm. x)

Hakikat dari nilai sendiri yakni rujukan dan juga keyakinan dalam menetukan sebuah pilihan, yang berupa norma, etika, peraturan perundangan, adat istiadat, kebiasaan, aturan agama. Susunan dalam nilai sendiri pada hakikatnya dibedakan berdasarkan tujuan, objek, dan juga pengembangannya. Nilai yang tercipta umumnya diperoleh melalui pengaruh luar misal dari sebuah sumber bacaan yang erat kaitannya dengan nilai kecintaan, kebaikan dan kekuatan menurut Majid ‘Irsan al-Kailany.

Pada BAB II kita akan disuguhi tentang macam-macam nilai pendidikan anak. Yang pertama nilai-nilai nurani (Values Of Being) yang meliputi nilai nurani yaitu: kejujuran, keberanian,  cinta damai, keandalan diri, disiplin diri. Yang kedua, nilai-nilai memberi (Values Of Giving) meliputi: hormat, kasih sayang, peka, baik hati, dan adil. Ketiga, nilai estetika. Keempat nilai moral yang meliputi: nilai saling menghormati, menghargai, menghindari kekerasan, hidup jujur, dan berlaku adil.

Penerapan nilai moral yang perlu diterapkan di masyarakat mencakup: kebebasan dan otoritas. Kedua, kedisiplinan merupakan salah satu masalah akbar dalam proses membangun negara ini. Ketiga, nurani yang benar, baik, jujur, dan taksesat berperan penting dalam proses sosialisasi nilai oral dalam negara kita. Dalam dunia pendidikan formal tidak bersifat otonom, tetapi mesti terkait dengan dunia di luar pendidikan formal.

Pada BAB III mengulas tentang Hakikat Pendidikan Anak pendidikan yakni bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh seseorang guru terhadap perkembangan jasmanidan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian utamanya. (Hlm. 34) pendidikan juga dijadikan sebagai sebuah kegiatan untuk membimbing anak manusia menuju kedewasaan dan juga kemandirian. Dan pendidikan anak merupakan sebuah proses mendidik anak yang berkelanjutan. Mulai dari dalam kandungan ibu hingga menjadi dewasa. Cara terbaik dalam memndidik bukan dengan mengabulkan semua keinginan mereka, namun dengan mengenalkan mereka dengan sifat terbaiknya terhadap dunia,tak lupa mengajari mereka keberanian dalam menghadapi kesulitan.

Berikut ini merupakan beberapa aspek yang penting untuk diberikan kepada anak. Khususnya pendidikan islami anak antara lain: pendidikan Ibadah khususnya pendidikan shalat. Aspek ini khususnya adalah pendidikan shalat dalam Q.S Luqman: 17 dijelaskan tetang pendidikan shalat tidak terbatas pada kaifiyah melaksanakan shalat lebih bersifat fiqhiyah melainkan dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan dibalik shalat. Pendidikan pokok ajaran Islam dan membaca Alquran. Menanamkan nilai-nilai yang baik bersifat universal kapan pun dan kapan pun. Penanaman pendidikan harus beserta contoh yang konkrit yang bisa masuk dalam pikiran anak, sehingga penghayatan mereka didasari dengan kesadaran rasional. (Hlm. 39)

Maka dari itu peran orang tua sebagai pendidik, pembimbing, dan pengasuh untuk buah hati harus sesuai dengan nilai ketauhidann yang Allah perintahkan. Tauhid adalah akidah yang universal, akidah mengarah pada seluruh aspek kehidupan dan tidak membeda-bedakan. Karena orang tua adalah suru tauladan bagi buah hati orang tua hendaknya menggunakan pitutur yang baik apabila ia ingin kata-kata yang keluar dari anaknya juga kata-kata yang baik, termasuk orang tua harus mencontohkan perilaku yang baik. pendidikan ahklakul karimah kewajiban orang tua yang paling utama selain membesarkan anak adalah menanamkan ahlakul kaimah pada buah hati mereka, yang akan membawa kebahagiaan dunia maupun akhirat.

Selanjutnya adalah pendidikan akidah dalam Q.S. Luqman: 13 dijelaskan bahwa akidah harus ditanamkan kepada anak yang mrupakan dasar dari pedoman hidup seorang muslim. Dalam Alquran dijelaskan bahwa tauhid yang diperintahkan Allah supaya selalau dipegang dengan erat. Maka dari itu pendidikan agama dalam sebuah keluarga dalam Islam hendaknya dikembalikan pada hakikatnya.

Pada BAB IV anda akan disuguhkan pembahasan mengenai hakikat nilai pendidikan anak. Dibutuhkan keterampilan sosial supaya bisa menanamkan nilai dalam kehidupan sehari-hari diatas modernisasi. Pengajaran nilai kepada anak sebelum mereka mengenyam bangku pendidikan adalah orangtua, maka dari itu orangtua harus mengajarkkan setiap nilai pada anak mereka, karena ini merupakan amalan yang nyata dan efektif untuk kebahagiaan mereka.

Salah satu cara yang memungkinkan anak belajar hubungan antara hidup berdasarkan nilai dan juga kebahagiaan pribadi mereka. pengalaman juga dapat mengajarkan moralitas. Tugas orangtua adalah untuk mewariskan semua yang telah mereka pelajari terhadap anaknya nilai-nilai dan juga hubungan sebab akibat. Pengajaran nilai dari orangtua ke anak erat kaitanya dengan menjadi dan memberi. Warisan nilai dari orang tua tidak akan lekang oleh waktu akan terus tertanam pada jiwa dan raga setiap  buah hati.

Memasuki BAB terakhir yakni BAB V yakni paradigma pendidikan anak. Meliputi: tujuan penanamannilai-nilai pendidikan anak yakni untuk merangsang pertimbangan moral anak didik, pendekatan dalam penanaman nilai, pendekatan kognitif, pendekatan analisis moral, pendekatan analisis nilai, pendekatan pembelajaran berbuat. Penjabaran dari setiap BAB dibahas secara mendalam. Buku ini cocok dibaca untuk praktisi pendidikan maupun para orang tua, supaya lebih memahami nilai-nilai pendidikan anak. Menjadi orang tua bukan hanya bertugas membedarkan namun juga mendidik. Dan anda akan temukan jawabanya dalam buku ini.

Kelebihan buku ini, desain sampul menarik, ukuran buku yang tidak tetlalu besar dan tebal jadi bisa di bawa kemana saja, pembahasan mendalam dan mudah di pahami para pembaca. Kekurangan buku, ada beberapa firman Allah yang hanya ditulis artinya, seharusnya ditulis lengkap dengan ayatnya.

-Diresensi Anisa Rachma Agustina, mahasiswa dan pengiat literasi Pena Aswaja STAINU Temanggung.

Tags: Anisa Rachma AgustinaMenelaah Kuantitas Pendidikan AnakPilar Nusantara
ShareSendTweet
Previous Post

Moralitas Santri Akhir Zaman

Next Post

Menjadi Saleh Ritual, Sosial, Virtual

Related Posts

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan
Pustaka

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022
11
Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia
Pustaka

Mutiara Nusantara yang Mengilaukan Dunia

10/06/2022
8
Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya
Pustaka

Menjadi orangtua yang Dirindukan Anak-anaknya

03/06/2022
69
Next Post
Menjadi Saleh Ritual, Sosial, Virtual

Menjadi Saleh Ritual, Sosial, Virtual

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2.1k Fans
  • 1.5k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

20/03/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Urgensi Statistika dalam Pendidikan

Urgensi Statistika dalam Pendidikan

24/07/2020
Urgensi Berpuasa dari Media Sosial

Membebaskan Pikiran dari Terorisme Digital

40
Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

33
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

31
Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

29
Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022

Hidup Harus Pandai Mengambil Hikmah

23/06/2022
Pendeta, Santri dan Pesantren

Pembentukan Karakter Anak Lewat Praktik Ibadah

26/06/2022
Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

26/06/2022

Tulisan Terbaru

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

Melindungi Anak dari Aksi Perundungan

25/06/2022
11

Hidup Harus Pandai Mengambil Hikmah

23/06/2022
3
Pendeta, Santri dan Pesantren

Pembentukan Karakter Anak Lewat Praktik Ibadah

26/06/2022
2
Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

Mewaspadai Gerakan Khilafatul Muslimin

26/06/2022
3
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • Pengumuman daftar pemenang 10 terbaik Lomba Best Practice Madrasah/Sekolah Unggulan LP Ma
  • #harlahansor #harlahansor88
  • #harlahfatayatnu #harlahfatayatnu72
  • #maarifnujateng #maarifnu #maarif #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng
  • Marhaban ya Ramadhan..
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #pergunupusat #harlahpergunu #harlahpergunu70
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #harlahpergunu70 #harlahpergunu
  • #pwnujateng #pwnu #pwnujawatengah #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • #pwnujateng #pwnujawatengah #pwnu #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Sekolah dan Madrasah Unggulan
  • Unduh
  • Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version