• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Artikel

Memantau Praktik Beragama Siswa di Sekolah

05/02/2020
in Artikel, Opini
Reading Time: 3min read
0 0
0
Sengkarut Pendidikan Kita
0
SHARES
4
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Oleh M. Dalhar

Bagi madrasah, kemampuan siswa dalam hal pemahaman dan pengamalan ilmu agama mendapatkan perhatian tersendiri. Bermacam hal dilakukan, semisal menambahkan jam pelajaran lokal, merupakan upaya sekolah untuk memaksimalkan pemahaman agama kepada siswa.

Akan tetapi, dengan kompleksnya dunia pendidikan dewasa ini menjadikan pendidikan agama menjadi sedikit terabaikan. Pendidikan agama yang penulis maksud bukan hanya pendidikan formal di kelas, tetapi lebih pada prakteknya dalam kehidupan sehari-hari. Kesibukan madrasah mempersiapkan ujian nasional dengan memasukkan data para siswa dalam database aplikasi mengakibatkan banyak hal yang terkuras. Jam tambahan pembelajaran bagi siswa diadakan sedemikian rupa, sampai-sampai siswa yang tidak ujian terkena dampaknya. Pembelajaran lebih banyak dilakukan di rumah.

Bagaimana dengan praktik ibadah para siswa di rumah. Tentu tidak semua sekolah memiliki ruang yang seluas itu untuk mengontrol kepatuaha siswa dalam beragama. Akan tetapi, sekurang-kurangnya sekolah dapat memberikan rambu-rambu dan pembiasaan agar dijadikan pedoman bagi para siswa. Semisal tentang ilmu membaca al-Qur’an, salat, menyucikan najis, dan lain sebagainya. Tentu masing-masing tingkat madrasah perlu disesuaikan dengan kebutuhannya.

Bacajuga:

BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Membangun Pendidikan Toleransi di Sekolah

11/05/2022
8
Spirit Inspiring Teaching

Spirit Inspiring Teaching

10/05/2022
4

Hal lain yang penting diperhatikan adalah tidak selalu pemahaman ilmu agama sesuai dengan tingkat pendidikan formalnya. Ada banyak faktor yang menjadikan pemahaman ilmu agama tidak berbanding lurus dengan tingkat pendidikan formal siswa madrasah. Semisal siswa madrasah aliyah diberikan materi tentang Alfiyah ibnu Malik ketika bab dasar nahwu shorof saja belum tahu.

Pernah suatu ketika penulis melakukan tes seleksi masuk di madrasah aliyah. Ada cukup banyak siswa yang lulus dari sekolah agama, akan tetapi dalam praktek membaca al-Qur’an masih terbata-bata. Bacaan tajwid masih tidak tahu. Penulis mencoba untuk menelusuri kesehariannya. Banyak di antara siswa yang tidak belajar TPQ atau madin. Atau pernah tetapi tidak tamat. Ada juga yang sampai ikut wisuda, tetapi masih belum lancar. Yang terakhir, bisa jadi karena siswa didiknya terlampau banyak, sehingga guru tidak dapat memantau perkembangannya. Atau, dulu bisa tetapi karena tidak pernah dipraktekkan sehingga tidak lancar. Kompleks.

Tidak hanya itu, ketika jam pagi mengajar, penulis menjumpai ada beberapa siswa yang terlambat. Yang cukup mencengangkan adalah di antara mereka ada yang belum menunaikan salat subuh sebelum berangkat sekolah. fenomena semacam ini bukan hanya sekali penulis dapati. Artinya, doktrin tentang pentingnya salat bagi sebagian siswa belum dipahami secara utuh. Bahkan, ada yang baru tahu jika ada aturan mengganti atau qada dalam salat.

Di tengah banyaknya sekolah umum yang menggiatkan kegiatan keagamaannya, justru yang terjadi di sekolah agama (madrasah) adalah mengejar prestasi di luar ilmu agama. Pembelajaran agama terkesan dianggap sudah tuntas. Padahal kenyataannya tidak demikian. Perlu survei lebih lanjut atau kebijakan madrasah terkait dengan ketaatan para siswa dalam memegang teguh ilmu yang dipahaminya melalui praktek.

Kerjasama
Faktor lingkungan, dalam hal ini adalah internet memiliki pengaruh yang sangat besar. Munculnya game online dan media sosial sedikit banyak mengubah tujuan atau niat siswa datang ke sekolah. Ada tujuan baru yang ingin dicapai siswa, yaitu dapat mengakses jaringan internet dengan leluasa. Ketika sudah berkumpul dengan teman yang lain di kantin atau warung saat istirahat, para siswa lupa waktunya belajar. Bermacam permainan dan obrolan yang kurang bermanfaat melalui medsos dapat berdampak pada kelas. Bisa jadi secara fisik siswa berada di kelas, tetapi pikirannya melayang ke luar.

Pemantauan kepribadian siswa dalam pengamalan ilmu agama bukan perkara mudah. Paling tidak madrasah dapat memantau aktivitas siswa mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Selebihnya, dikembalikan pada masing-masing orangtua.

Diketahui bersama bahwa tidak semua orangtua mau mengawasi anaknya. Sebenarnya bukan tidak mau, tetapi lebih pada tidak mampu. Karena itulah kemudian dititipkan ke madrasah untuk dididik agar pribadi yang soleh dan sholehah. Akan tetapi, madrasah memiliki keterbatasan. Madrasah tidak dapat secara optimal memantau perkembangan selama 24 jam. Kecuali madrasah yang menerapkan sistem asrama atau pesantren. Pemantauan praktek ibadah siswa relatif dapat terkontrol.

Madrasah yang belum memiliki satu lembaga model asrama dapat berkerja sama dengan lembaga pesantren yang sudah ada di lingkungan terdekat. Tujuannya adalah untuk sinergitas program. Hal ini semacam ini dapat ditemukan di Desa Kajen, Pati yang merupakan kawasan pesantren.

Di desa penulis, Banjaragung, Bangsri, Jepara, beberapa madrasah sudah melakukan kerja sama dengan pesantren yang ada di lingkungan setempat. Hasilnya, siswa yang di asrama atau pesantren lebih dapat dipantau daripada yang tidak di asrama. Apalagi kecenderungan yang sekarang, para orangtua lebih tertarik dengan model pendidikan dengan asrama atau pesantren. Merasa lebih aman dari paham-paham ekstrimis dan terpantau ibadahnya.

-Penulis adalah warga Banjaragung, Jepara

Tags: M. DalharMemantau Praktik Beragama Siswa di Sekolah
ShareSendTweet
Previous Post

ISSN dan ISBN

Next Post

Semua Ingin Baik dan Benar

Related Posts

BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah
Artikel

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri
Artikel

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah
Artikel

Membangun Pendidikan Toleransi di Sekolah

11/05/2022
8
Next Post
Pendidik sekaligus Peserta Didik

Semua Ingin Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2.1k Fans
  • 1.5k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

20/03/2020
Urgensi Statistika dalam Pendidikan

Urgensi Statistika dalam Pendidikan

24/07/2020
Urgensi Berpuasa dari Media Sosial

Membebaskan Pikiran dari Terorisme Digital

40
Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

33
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

31
Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

29
Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022

Tulisan Terbaru

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
0
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022
11
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • #harlahansor #harlahansor88
  • #harlahfatayatnu #harlahfatayatnu72
  • #maarifnujateng #maarifnu #maarif #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng
  • Marhaban ya Ramadhan..
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #pergunupusat #harlahpergunu #harlahpergunu70
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #harlahpergunu70 #harlahpergunu
  • #pwnujateng #pwnu #pwnujawatengah #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • #pwnujateng #pwnujawatengah #pwnu #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • Mugi husnul khatimah, yai...

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Sekolah dan Madrasah Unggulan
  • Unduh
  • Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version