• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Artikel

Kepala Madrasah Bukan Sekadar Manajer

15/01/2020
in Artikel, Esai
Reading Time: 2min read
0 0
0
Pendidik sekaligus Peserta Didik

Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah

0
SHARES
8
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Oleh Drs. KH. Mohamad Muzamil

Kepala Madrasah, baik MI, MTs, maupun MA bukanlah semata manajer, namun adalah pengasuh sebagaimana pengasuh pondok pesantren. Kalau sebagai manajer semata, maka kepala madrasah cukup melakukan kegiatan perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, dan evaluasi serta tindak lanjut kegiatan proses belajar mengajar. Namun lebih dari itu, kepala madrasah adalah layaknya sebagai pengasuh pesantren, yang memiliki tanggung jawab lebih luas, tidak sekedar melaksanakan kegiatan manajemen, namun juga kepemimpinan dan keteladanan.

Kepemimpinan merupakan variabel pengaruh, bukan terpengaruh, yang harus memiliki arah yang jelas dari kepemimpinannya. Hal ini sangat penting karena madrasah bukan semata-mata sekolah namun sebuah lembaga pendidikan Islam, yang memiliki karakteristik berbeda dengan sekolah. Dalam konsepnya, madrasah adalah satuan pendidikan Islam bukan saja bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang cerdas secara kognitif dan terampil secara psikomotorik, namun juga diharapkan memiliki spiritualitas yang mencerminkan pelaksanaan iman, Islam dan ihsan, sebuah spektrum atau cara pandang keagamaan Islam yang menyeluruh, yang bersumber dari wahyu yang diterima dan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya, dari sahabat kepada tabi’in dan seterusnya hingga saat ini dan mendatang dengan jalinan sanad yang bersambung.

Hal ini bukan tugas dari kepala madrasah yang hanya bersifat administratif belaka, namun juga merupakan tugas kepemimpinan yang harus didasari pada itba’ kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan sekarang kepada para alim ulama sebagai pewaris para Nabi.

Bacajuga:

BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Membangun Pendidikan Toleransi di Sekolah

11/05/2022
8
Spirit Inspiring Teaching

Spirit Inspiring Teaching

10/05/2022
4

Karena itu setidaknya ada dua hal pokok yang wajib dimiliki oleh kepala Madrasah sebagaimana dimiliki oleh para alim ulama, yakni welas asih atau mahabbah kepada umat atau peserta didik, dan kedua adalah ilmu sebagai cahaya untuk menghantarkan warga madrasah agar ta’at kepada Alloh dan Rasul-Nya serta Ulil Amri.

Sikap welas asih atau setidaknya memiliki kepedulian kepada warga madrasah menjadi karakter utama seorang kepala madrasah, sehingga kebijakannya diorientasikan untuk kemaslahatan umat atau setidaknya untuk kemaslahatan warga madrasah. Sikap welas asih ini dapat diukur melalui beberapa indikator, antara lain: Pertama, warga madrasah diperlakukan sebagai bagian dari keluarga sendiri, apabila terdapat persoalan, maka dimusyawarahkan atau didialogkan dari hati ke hati, dengan menelusuri sebab-sebabnya hingga ditemukan solusi yang tepat. Kedua, adanya pengenalan dari kepala madrasah kepada warga madrasah, terutama mengenai latar belakang keluarganya, ekonominya, keadaan masyarakatnya, sehingga dapat berinteraksi secara bijak. Ketiga, bersikap ramah kepada warga Madrasah, namun juga disiplin dan tegas, webagai cerminanan ketaatan. Keempat, menjagi figur yang dapat menjadi teladan bagi warga madrasah dalam menjalankan iman, Islam dan Ihsan. Kelima mampu mempengaruhi warga madrasah untuk berlaku ta’at dan menghindari ma’shiyat.

Sikap welas asih tersebut adalah bagian terpenting dari adab. Adab bukan semata tentang sopan santun, melainkan sikap sopan santun ini adalah didasari atas sikap menggambarkan diri (ta’abud) kepada Alloh SWT.

Kemudian tentang ilmu yang wajib dikuasai oleh kepala Madrasah, bukan saja ilmu tentang ketrampilan teknis yang dapat mendukung pelaksanaan tugas-tugas sebagai Kepala Madrasah, namun yang terpenting adalah ilmu yang dapat menghantarkan dirinya dan warga madrasah untuk selalu mendekatkan diri kepada Alloh SWT.

Dalam persepektif Islam, bukan disebut ilmu jika pengetahuan yang dimilikinya tidak menjadikan diri dan lingkungan terdekatnya semakin dekat kepada Alloh SWT. Karena itu ilmu adalah nur atau cahaya, sebagai pantulan dari cahaya atau Nur Muhammad SAW. “Nabi SAW adalah kotanya ilmu. Sedangkan pintunya adalah Sayyidina Ali bin Abi Thalib karomallohu wajhah.

Karena itu seorang kepala Madrasah yang sukses bukan semata diukur dari peroleh akreditasi institusi yang dipimpinnya, melainkan juga sejauh mana diri dan warga madrasahnya mendapatkan limpahan cahaya keberkahan dari para ulama, atau mendapatkan syafa’at dari Kanjeng Nabi atau derajat yang lebih tinggi lagi sebagai puncaknya adalah memperoleh ridlo Alloh SWT.

Selamat berkhidmah, semoga berhasil di dunia dan akhirat berkat karomah auliya’, syafa’at Kanjeng Nabi Muhhamad SAW, amin. Wallahu a’lam.

-Penulis adalah Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah

Tags: Drs. KH. Mohamad MuzamilKepala Madrasah Bukan Sekadar ManajerNU Jateng
ShareSendTweet
Previous Post

JRA Wonosobo Gelar Harlah Ke-3

Next Post

Apeman dan Tradisi Memaafkan

Related Posts

BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah
Artikel

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri
Artikel

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah
Artikel

Membangun Pendidikan Toleransi di Sekolah

11/05/2022
8
Next Post
Apeman dan Tradisi Memaafkan

Apeman dan Tradisi Memaafkan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2.1k Fans
  • 1.5k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

20/03/2020
Urgensi Statistika dalam Pendidikan

Urgensi Statistika dalam Pendidikan

24/07/2020
Urgensi Berpuasa dari Media Sosial

Membebaskan Pikiran dari Terorisme Digital

40
Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

33
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

31
Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

29
Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022

Tulisan Terbaru

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
0
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022
11
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • #harlahansor #harlahansor88
  • #harlahfatayatnu #harlahfatayatnu72
  • #maarifnujateng #maarifnu #maarif #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng
  • Marhaban ya Ramadhan..
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #pergunupusat #harlahpergunu #harlahpergunu70
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #harlahpergunu70 #harlahpergunu
  • #pwnujateng #pwnu #pwnujawatengah #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • #pwnujateng #pwnujawatengah #pwnu #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • Mugi husnul khatimah, yai...

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Sekolah dan Madrasah Unggulan
  • Unduh
  • Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version