• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Sastra
  • Artikel
  • Hikmah
  • FikihTanya Jawab
  • Tokoh
  • Jurnal
  • Informasi
  • Download
    • Juara Lomba Video Profil Sekolah/Madrasah 2020
    • Majalah MOPDIK 2020
    • Banner Selamat Tahun Ajaran Baru
  • Ma’arif CenterNU Career
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Sastra
  • Artikel
  • Hikmah
  • FikihTanya Jawab
  • Tokoh
  • Jurnal
  • Informasi
  • Download
    • Juara Lomba Video Profil Sekolah/Madrasah 2020
    • Majalah MOPDIK 2020
    • Banner Selamat Tahun Ajaran Baru
  • Ma’arif CenterNU Career
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Artikel

ARD dan Objektivitas Nilai Siswa

01/01/2020
in Artikel, Opini
Reading Time: 3min read
0 0
0
0
SHARES
49
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Oleh M. Dalhar

Laporan penilaian siswa atau rapor dalam dunia pendidikan merupakan hal yang penting. Laporan tersebut dipakai untuk mengetahui capaian seorang murid atau siswa. Rapor diberikan setelah menempuh ujian semester, kondisi ini yang terjadi beberapa waktu belakangan.

Rapor – dalam pengucapan adalah rapot – merupakan laporan capaian siswa yang berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah, berfungsi sebagai laporan guru kepada orangtua atau wali murid (KBBI Online). Bagi para guru sekolah di bawah Kementerian Agama ada hal yang tidak biasa dalam penyusunan rapor pada semester ini. Hampir merata di beberapa sekolah atau madrasah sudah dipergunakan Aplikasi Rapot Digital atau ARD.

Aplikasi semacam ini bukan kali pertama digunakan. Pada semester sebelumnya sudah dipakai, tetapi karena kendala aplikasi menjadikan tidak semua madrasah menggunakannya. Akan tetapi, pada semester ini hampir semua madrasah – yang penulis ketahui di Jepara – sudah menggunakannya.

Bacajuga:

Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

08/03/2021
5
Ilustrasi monitor.co.id

Dialog Damai NU dalam Pendidikan Abad Ke-21

03/03/2021
7

Estetika Sufistik dalam Sastra Indonesia

02/03/2021
10
Santri Juga Laik Diwisuda

Santri Juga Laik Diwisuda

01/03/2021
6

Sebelum penulis menggunakannya, ada banyak suara terkait dengan kesiapan aplikasi atau server yang dipakai. Ada yang menilai sistem belum siap, tetapi dipaksakan. Ada juga yang berpendapat terlalu sulit, dan beberapa opini yang mengindikasikan belum siapnya pihak sekolah untuk beranjak dari zona nyaman, rapor manual.

Zaman telah berubah. Dalam perihal aplikasi, penulis memiliki pengalaman tersendiri. Beberapa kali berhadapan dengan aplikasi atau server digital, yang perlu dipahami adalah alur kerjanya. Seperti apa sistem yang dipergunakan. Jangan sampai hanya latah atau asal ikut tanpa pengetahuan menyeluruh.

Jika demikian, setiap ada perubahan instruksi mengakibatkan mis persepsi. Sehingga alasan aplikasi eror, belum siap, sulit, dan seterusnya dijadikan sebagai kambing hitam. Atas beberapa pengalaman yang didapatkan di luar dunia sekolah, akhirnya sengaja penulis mengerjakan pada waktu-waktu terakhir, ketika sudah paham dan penyempurnaan server dari pihak terkait. Alhasil, dalam waktu setengah malam ARD dapat terselesaikan. Kesimpulannya, sebenarnya ARD tidak sesulit yang dibayangkan.

Penulis pun tidak tahu apakah aplikasi tersebut akan terus dilanjutkan ke depannya. Mengingat, Pak Menteri Nadhim tidak menghendaki adanya sistem yang “rumit” yang menjadikan para guru terlalu sibuk dengan sesuatu yang tidak substansial. Terlepas dari rumit atau tidaknya – karena berdasar pengalaman masing-masing pengajar – kehadiran rapor merupakan hal yang penting. Rapot berfungsi sebagai laporan guru atas hasil belajar siswa di sekolah kepada orangtua atau wali murid dalam periode tertentu.

Catatan
Ada beberapa hal penting yang perlu dievaluasi dalam pembuatan rapor. Pertama, objektivitas penilaian. Penilaian menggunakan aplikasi pada dasarnya belum mampu mendekati kondisi pada peserta didik. Dengan menggunakan aplikasi, nilai yang didapatkan oleh siswa harus “di-makeup” agar sesuai dengan standar yang sudah ditentukan aplikasi. Kondisi tersebut akan menjadikan para siswa “tertipu” karena bagaimanapun kondisinya di kelas akan mendapatkan nilai di atas standar. Alasannya sederhana karena sistem yang digunakan menghendaki hal semacam itu.

Kedua, pentingnya literasi teknologi. Penulis mengamati ada banyak guru yang belum sepenuhnya mampu mengoperasikan program-program penting, misalnya excel. Dampaknya, bagian Tata Usaha (TU) mendapatkan pekerjaan tambahan. Solusinya adalah dengan pembiasaan. Harus diakui, keterampilan dalam berteknologi perlu ditingkatkan dalam dunia pendidikan.

Dalam hal ARD, seringkali penulis jumpai adalah lebih banyak bersuara daripada berkerja. Bermacam keluhan disampaikan, bukan solusi. Aplikasi yang belum siap, sistem yang berubah-ubah, dan masih banyak lainnya. Ini adalah ekspresi sekaligus indikasi yang belum siap menghadapi perubahan dalam revolusi dunia pendidikan.

Evaluasi
Terlepas dari praktiknya model pendidikan yang baru, penguasaan teknologi dalam pembuatan laporan perlu dikuasai oleh para pendidik. Hendaknya laporan dapat dibuat sederhana dan mampu mencerminkan kondisi riil para peserta didik per semester. Penilaian yang objektif diharapkan dapat menyadarkan para siswa atas prestai yang dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Mencapai hal itu, kerja sama dengan orangtua mutlak harus dilakukan. Pengambilan rapor oleh orantua tau wali bukan sekadar penyerahan biasa. Di dalamnya terdapat maksud agar para orangtua lebih punya perhatian kepada anak-anak mereka.

Meskipun nilai dapat rapot belum menentukan jaminan masa depan siswa ke depannya, dengan wujud nilai merupakan apresiasi atas usaha yang sudah dilakukan di sekolah. Di samping itu, dengan penilaian angka-angka dapat menunjukkan di mana kecenderungan para siswa didik.

Dengan begitu, rangking atau nilai bukan permasalahan pintar atau tidak, tetapi lebih pada kecenderungan minat dan bakat. Sekali lagi, dengan penilaian yang objektif hal tersebut dilakukan, bukan asal copy-paste sehingga penilaian yang dihasilkan jauh dari kondisi yang sebenarnya.

Bukan berarti setelah rapor dibagikan kepada orangtua siswa, tugas sebagai belajar mengajat telah selesai. Proses pengerjaan ARD untuk sementara waktu telah selesai dan ada kesempatan untuk beristirahat. Akan tetapi, hal yang perlu diingat poses untuk belajar tidak pernah berhenti. Belajar adalah proses terus-menerus sepanjang hayat, long live education.

-Pengajar Sejarah di MA Matholiul Ulum Banjaragung Jepara.

Tags: ARD dan Objektivitas Nilai SiswaM. DalharNU Jateng
ShareSendTweet
Previous Post

Literasi Perpustakaan

Next Post

Peran Pemuda Menjaga Stabilitas Negara

Related Posts

Penyakit Kronis Penulis Pemula
Artikel

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

08/03/2021
5
Ilustrasi monitor.co.id
Artikel

Dialog Damai NU dalam Pendidikan Abad Ke-21

03/03/2021
7
Artikel

Estetika Sufistik dalam Sastra Indonesia

02/03/2021
10
Next Post
Ilustrasi Republika

Peran Pemuda Menjaga Stabilitas Negara

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2k Fans
  • 1.2k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Lomba Video Profil LP Ma’arif PWNU Jateng Diundur Sampai Desember 2020

Lomba Video Profil LP Ma’arif PWNU Jateng Diundur Sampai Desember 2020

24/07/2020
Bolehkah Qurban Dulu, Bayar Belakangan?

Bolehkah Qurban Dulu, Bayar Belakangan?

14/07/2020
Menjadi Penulis itu Butuh Proses Panjang

Menjadi Penulis itu Butuh Proses Panjang

6
Lomba Video Profil LP Ma’arif PWNU Jateng Diundur Sampai Desember 2020

Lomba Video Profil LP Ma’arif PWNU Jateng Diundur Sampai Desember 2020

4
Pengurus LP Ma’arif PWNU Jateng Evaluasi Program

Respon Wacana Mendikbud, LP Ma’arif Jateng Lakukan Survei

4

Hadapi Revolusi Industri 4.0, LP Ma’arif NU Jateng Kuatkan SIMNU

3
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

08/03/2021
Harlah ke 47, STAINU Purworejo Ziarah ke Muassis

Harlah ke 47, STAINU Purworejo Ziarah ke Muassis

07/03/2021
Pelantikan PC Fatayat NU Banjarnegara masa Khidmat 2020-2025

Pelantikan PC Fatayat NU Banjarnegara masa Khidmat 2020-2025

07/03/2021

SMA 26 NU Diharap Jadi Pioner Penyebar Islam Rahmatan Lil Alamien

07/03/2021

Tulisan Terbaru

Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

08/03/2021
5
Harlah ke 47, STAINU Purworejo Ziarah ke Muassis

Harlah ke 47, STAINU Purworejo Ziarah ke Muassis

07/03/2021
4
Pelantikan PC Fatayat NU Banjarnegara masa Khidmat 2020-2025

Pelantikan PC Fatayat NU Banjarnegara masa Khidmat 2020-2025

07/03/2021
7

SMA 26 NU Diharap Jadi Pioner Penyebar Islam Rahmatan Lil Alamien

07/03/2021
2
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • Rangkaian acara Harlah NU ke-98 PWNU Jawa Tengah akan disiarkan secara LIVE di youtube Maarif NU Jateng

Catat tanggalnya ya... 🤗
  • Rangkaian acara Harlah NU ke-98 PWNU Jawa Tengah akan disiarkan secara LIVE di youtube Maarif NU Jateng

Catat tanggalnya ya... 🤗
  • Selamat Harlah NU ke-95
  • Selamat Harlah NU ke-95

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Hikmah
  • Tokoh
  • Fikih
  • Informasi
    • Lomba
    • Pengumuman
  • Download
    • Majalah MOPDIK 2020
    • Banner Selamat Tahun Ajaran Baru
  • Ma’arif Center
  • Cara Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version