• Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan
LP Maarif NU Jateng
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
  • Beranda
  • BeritaTerkini
  • Artikel
  • Sastra
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Jurnal
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Madrasah dan Sekolah Unggulan
  • UNDUH
  • Kirim Tulisan!
No Result
View All Result
LP Maarif NU Jateng
ADVERTISEMENT
Home Artikel

Upaya Pembenahan Kurikulum Ke-NU-an

07/11/2019
in Artikel, Opini
Reading Time: 3min read
0 0
1
Upaya Pembenahan Kurikulum Ke-NU-an
0
SHARES
116
VIEWS
Bagikan ke FacebookBagikan ke Whatsapp

Oleh : Abdul Khalim

Kurikulum ke-NU-an merupakan unsur terpenting dan pengikat bagi madrasah-madrasah atau sekolah-sekolah dibawah lembaga Ma’arif. Menjadi sangat penting bagi pengurus LP Maarif NU Jateng untuk memperhatikan dan mengkonsep kurikulum tersebut secara serius. Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan lebih-lebih untuk mewujudkan peserta didik yang berkarakter aswaja annahdliyah sebagaimana grand design kepengurusan PWLPM periode ini. Kurikulum juga merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup dan urutan isi, serta proses pendidikan.

Perlu kita sadari bahwa kurikulum yang baik harus selalu berubah dari waktu ke waktu sesuai tuntutan perkembangan zaman – faktanya juga demikian sebagaimana kurikulum yang ditetapkan pemerintah – tanpa terkecuali adalah kurikulum ke-NU-an. Ia harus mampu menyesuaikan perkembangan sistem pendidikan yang ada terutama sistem pendidikan yang ditetapkan pemerintah – jika kita tidak mau pelajaran ke-NU-an di tinggalkan atau bahkan hanya sebagai pelajaran pelengkap.

Kenyataanya bahwa mata pelajaran ke-NU-an seringkali kurang mendapatkan perhatian jika dibandingkan dengan pelajaran-pelajaran yang lain. Diantara faktornya adalah ketersediaan waktu yang sangat terbatas (hanya satu jam), kurang matangnya konsep kurikulum ke-NU-an yang meliputi standar isi, standar proses, kempetensi kululusan, faktor pendidik dan tenaga pendidik ke-NU-an, sarana dan prasarana serta standar penilaian.

Bacajuga:

BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Membangun Pendidikan Toleransi di Sekolah

11/05/2022
8
Spirit Inspiring Teaching

Spirit Inspiring Teaching

10/05/2022
4

Untuk itu penting kiranya dalam kepengurusan PW LP Maarif periode ini untuk mengkonsep kurikulum ke-NU-an yang matang sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan – paling tidak sejajar dengan teknologi pelajaran yang lain yang ditetapkan pemerintah.

Langkah-Langkah Pembenahan
Langkah awal yang dilakukan adalah menentukan standar isi atau cakupan kurikulum (bahasa tim adalah epistimologi mapel ke-NU-an). Isi kurikulum ini tentu harus menekankan pada karakter an-nadliyah, artinya kurikulum yang mengembangkan khasais-khasais amaliyah dan manhaj atau paradigma Aswaja Annahdiyah. Cakupan kurikulumnya paling tidak meliputi amaliyah, fikrah dan harakah Nahdlatul Ulama.

Cakupan kurikulum ini tentu harus disesuaikan dengan jenjang usia pendidikan peserta didik. Sebagaimana amanat Rois Syurih PWNU Jateng bahwa kurikulum yang dikembangkan harus memperhatikan tingkat perkembangan anak. Pada level sekolah dasar (SD/MI) misalkan adalah penanaman karakter Aswaja-Annahdliyah melalui pembiasaan dan simbolisasi. Pada level sekolah menengah pertama (MTs/SMP) sudah perkenalkan dalil-dalil atau landasan-landasan hukumnya. Pada level menengah keatas (MA, SMA/SMK) sudah saatnya dikenalkan analisa dan perbandingan pemikiran. Namun demikian semua level tersebut masih tetap pada orientasi karakter amaliyah, fikroh dan harakah Nahdlatul Ulama.

Standar isi kurikulum ini kemudian dijabarkan menjadi KI dan KD secara matang dan tentu perlu menyesuikan unsur-unsurnya sesuai dengan pedoman kurikulum standar nasional (sekarang kurikulum 2013 hasil revisi). Hal ini dimaksudkan agar kurikulum yang disajikan dalam pendidikan formal terukur dan dapat dievaluasi sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan.

Di samping KI dan KD perlu adanya rumusan tentang silabus ke-NU-an dari semua jenjang pendidikan. Rumusan silabus ini adalah tugas guru yang akan mengembangkannya karena gurulah yang tahu persis kondisi sekolah dan siswa. silabus ini dimaksudkan sebagai bahan dalam perencanaan pembelajaran dan membuat alat evaluasi baik oleh guru maupun pengampu kebijakan dimadrasah/sekolah.

Demikian sebagai langkah berikutnya adalah berdasarkan KI-KD yang dikembangkan tersebut kemudian akan dijabarkan dalam penulisan buku. Buku yang disusun ini harus sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan itu. Hal yang diperhatikan dalam penulisan buku ini juga harus ditulis mereka yang memahami dan memiliki karakter Annahdliyahi agar tidak terjadi “kecolongan”. Sumber rujukan juga perlu mengacu pada sumber-sumber buku/ kitab mu’tabar yang biasa dijadikan pedoman kalangan nahdliyin.

Berikutnya sebagai implementasi kurikulum perlu adanya sosialisasi dan bimbingan teknis terhadap guru-guru ke-NU-an agar sesuai dengan misi dan tujuan kurikulum yang ditetapkan. Demikianlah ikhtiar untuk membenahi kurikulum ke-NU-an dimana kurikulum tersebut merupakan satu-satunya andalan yang mengikat dan tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam penanaman nilai-nilai keaswajahan dan ke-NU-an.

Keberhasilan Pendidikan Madrasah Ma’arif
Hal yang diperhatikan dalam merumuskan tujuan pendidikan sekolah atau madrasah dibawah naungan LP Maarif NU adalah bagaimana lulusan atau outputnya memiliki karakter Annahdliyah. Karakter Anahdliyah dimaksud adalah lulusan yang selalu mengamalkan ajaran-ajaran Aswaja Annahdliyah, merasa bangga terhdap jamiyyah Nahdlatul Ulama, dan merasa bertanggungjawab untuk melestarikan Nahdlatul Ulama.

Demikian seharusnya ukuran keberhasilan tercapainya lulusan sekolah atau madrasah Maa’rif, mereka selalu siap menjadi garda depan pelestarian dan pengembangan nilai-nilai Aswaja, merawat jamiyyah, loyal dan siap berhidmah di Nahdlatul Ulama.

Untuk mewujudkan tujuan diatas tentu harus didukung semua element stake holder yang ada di lembaga tersebut, paling tidak ada kesadaran bersama mengenai tujuan tersebut terutama guru-guru semua mapel. Oleh karena itu arah dan orientasi mapel-mapel yang lain harus mendukung kurikulum ke-aswaja-han ke-NU-an. Mata pelajaran lain harus diintegrasikan dengan cakupan muatan kurikulum ke-NU-an. Misalkan mata pelajaran sejarah – dalam proses pembelajaranya, guru paling tidak banyak mengenalkan tokoh-tokoh sejarah dari kalangan NU. Pada mapel rumpun PAI, harus mampu mengambil sumber ajaran yang berasal dari kitab-kitab mu’tabarah yang berlaku dikalangan Nahdlatul Ulama. Demikian pula dengan mapel-mapel yang lain harus ada upaya pengintegrasian dengan muatan kurikulum ke-aswajahan ke-NU-an. Dengan demikian maka lulusan madrasah Maarif akan menjadi lulusan yang militan terhadap NU, selalu siap, dan merasa banggga menjadi warga NU. Demikian semoga terwujud.

-Penulis adalah Ketua Tim Kurikulum LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah.

Tags: Abdul KhalimNU JatengPW LP Ma'arif NU jatengUpaya Pembenahan Kurikulum Ke-NU-an
ShareSendTweet
Previous Post

Membongkar Misteri Kuburan Ganda Waliyullah

Next Post

Beragama dengan Canda Tawa

Related Posts

BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah
Artikel

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri
Artikel

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah
Artikel

Membangun Pendidikan Toleransi di Sekolah

11/05/2022
8
Next Post
Beragama dengan Canda Tawa

Beragama dengan Canda Tawa

Comments 1

  1. Rais says:
    3 tahun ago

    Sehebat apapun kurikulum yg diterapkan tpi menurut saya kekurang seriusan lembaga maarif dlm mengemban amanat. Dgn dibuktikan tdk ada pengakuan dari dinas atau kemenag terkait keberadaan keNUan sebagai mulok. Saya dulu sebagai waka kurikulum di mts merasa miris ketika saya tanyakan kenapa guru kenuan tdk tercatat sebagai guru didata emis.. ini katanya diakibatkan karna tdk ada SK resmi dari maarif terkait dgn keNUan sbg mulok

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI KAMI

  • 2.1k Fans
  • 1.5k Followers
  • 1.7k Subscribers
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

Hasil Survei: Hanya 11 Persen Masyarakat Jateng Setuju PJJ Dipermanenkan

26/07/2020
Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

Pendapat Bapak Kedokteran Dunia yang Belum Dipahami

28/10/2019
Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

Panduan Memahami Akidah Aswaja dan Tauhid Wahabi

20/03/2020
Urgensi Statistika dalam Pendidikan

Urgensi Statistika dalam Pendidikan

24/07/2020
Urgensi Berpuasa dari Media Sosial

Membebaskan Pikiran dari Terorisme Digital

40
Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

Muslim Wajib Peduli Alam dan Lingkungan

33
Penyakit Kronis Penulis Pemula

Membangkitkan Media Sosial PTKIS

31
Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

Kebijakan Berbasis Maqasid Syariah Era Pandemi

29
Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022

Tulisan Terbaru

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

Jangan Jadi Racun di Kehidupan Orang Lain

19/05/2022
0
BK Preventif dalam Meningkatkan Nilai An-Nahdliyah

Sekolah: dari Pandemi hingga K-Pop

17/05/2022
6
Puisi-Puisi Saiful Bahri

Aswaja dan Budaya Jawa dalam Pendidikan Islam

17/05/2022
6
Rusman Merindukan Kiriman

Rusman Merindukan Kiriman

14/05/2022
11
LP Maarif NU Jateng

Maarifnujateng.or.id merupakan media siber resmi milik Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. Platform ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik, peserta didik LP Ma’arif NU serta masyarakat umum untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah serta mengembangkan kemampuan literasi.

Instagram

  • #harlahansor #harlahansor88
  • #harlahfatayatnu #harlahfatayatnu72
  • #maarifnujateng #maarifnu #maarif #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng
  • Marhaban ya Ramadhan..
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #pergunupusat #harlahpergunu #harlahpergunu70
  • Selamat 70th Harlah PERGUNU, Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa.

#pergunu #pergunujateng #harlahpergunu70 #harlahpergunu
  • #pwnujateng #pwnu #pwnujawatengah #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • #pwnujateng #pwnujawatengah #pwnu #nujateng #lpmaarif #lpmaarifnu #lpmaarifnujateng #maarifnujateng #maarifnu
  • Mugi husnul khatimah, yai...

Alamat Redaksi

Jalan dr. Cipto No. 180 Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124

Email:
asnapustaka@gmail.com
HP: 0821-3761-3404

Ikuti Kami

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Cara Kirim Tulisan

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

No Result
View All Result
  • Berita
  • Artikel
    • Opini
    • Esai
  • Sastra
    • Cerpen
    • Puisi
    • Pustaka
  • Keislaman
    • Hikmah
    • Fikih
    • Tokoh
  • Program
    • LSP P2
    • Ma’arif Career
  • Lomba
    • Lomba Sekolah dan Madrasah Unggulan
  • Unduh
  • Kirim Tulisan!

© 2020 Maarifnujateng.or.id - Hak cipta terpelihara Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

Go to mobile version