Drama Sebagai Salah Satu Bagian Pengajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas
OlehTjahjono Widarmanto /Prawacana/ Dalam konteks makro atau konteks sosial, setiap lembaga pendidikan bertugas membina manusia yang pantas dan berkelayakan terjun ke dalam masyarakat (Oemarjati, 1979:199). Istilah 'membina' di sini berarti…
Belajar Produktif Menulis dari Mbah Bisri
Oleh Sam Edy Yuswanto* Bagi saya, menulis termasuk pekerjaan yang cukup menguras energi, pikiran, dan waktu yang panjang. Menulis di zaman sekarang juga membutuhkan alat atau perangkat menulis seperti laptop,…
Literasi: Rumah bagi Pendidikan
Oleh Kak Ian Ada sebuah artikel majalah kesehatan mengatakan. “Bila mengetahui rumah itu sehat atau tidak, lihatlah toiletnya”. Begitu yang saya ketahui—dan tidak sengaja membacanya kala itu di saat sedang…
Model Pembelajaran Berdiferensiasi
Oleh Dian Marta Wijayanti Bisa jadi, peserta didik tidak maksimal belajar bukan karena kemampuan mereka. Namun, pendekatan dan model pembelajaran yang dipilih guru tidak sesuai gaya dan karakteristik belajarnya. Ya,…
Memaksimalkan Computational Thinking dalam Pendidikan
Oleh Hamidulloh Ibda Indonesia termasuk negara yang sedikit “telat” dalam merespon perubahan zaman, termasuk di dalam pendidikan. Berbagai konsep, teknik, metode, perkembangan teknologi dan sains merajalela dikembangkan di luar negeri.…
Melahirkan Guru Sastra Profesional
*) Oleh: Tjahjono Widarmanto Mukadimah Keprihatinan dan kegelisahan mengenai minat baca siswa/mahasiswa Indonesia, sudah lama mengemuka. Sayuti (1998:2) menyatakan masalah itu disuarakan sejak tahun 1950-an dalam seminar sastra…