Oleh : Niam At-Majha
MA. Sahal Mahfudh dapat dikatakan sebagai bapak Pendidikan Indonesia, karena kontribusi besarnya dalam meneguhkan identitas pendidikan di indonesia. Karena memegang peranan sentral dalam pendidikan nonformal(pesantrean)dan formal(perguruan tinggi dan madrasah) sehingga mampu menggerakkan perubahan massif yang manfaatnya dirasakan bangsa. Kiai Sahal adalah sosok yang gigih mendorong lembaga pendidikan islam agar meneguhkan identitasnya sebagai lambang keagamaan dan keilmuan sekaligus sehingga tidak boleh bersifat pragmatis dengan meninggalkan identitas utamanya sebagai lembaga keagamaan.
Maka dari itu buku yang bertajuk Visi Pendidikan Transformatif KH. MA. Sahal Mahfudz karya Dr. Jamal Ma’mur Asmani berusaha membedah pemikiran-pemikiran serta kiprahnya Kiai Sahal dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Seperti pengakuan penulis dalam pengantarnya yaitu sebagai santri yang mengagumi sosok Kiai Sahal tentu sudah seharusnya meneruskan peranya dalam dunia pendidikan dengan mengkaji pemikiran dan langkah progresif trasformatif dalam konteks pendidikan semampu dengan kapasitas penulis.
Hal ini sangat urgent mengingat kualitas pendidikan di negeri ini yang belum menunjukkan tanda-tanda kemajuan. Justru pendidikan semakin hari semakin mengalami kemerosotan dan kehancuran moral. Sehingga akan membahayakan masa depan bangsa. Mengapa? Karena pendidikan adalah denyut nadi kemajuan bangsa di segala aspek kehidupan. Apabila pendidikan ini tidak didinamisir secara tepat dengan orientasi yang benar maka kemunduran dan kebangkrutan bangsa akan terjadi.
- Iklan -
Buku ini mengeksplorasi pemikiran dan tindakan pendidikan transformatif KH. MA Sahal Mahfudh yang terdiri dari tujuh bab. Bab pertama menjelaskan visi pendidikan indonesia yang harus diperjuangkan seluruh bangsa khususnya para praktisi pendidikan dalam rangka menggapai cita-cita seluruh rakyat indonsia. Dalam bab ini berfungsi sebagai wacana pembuka yang memberikan gambaran awal tentang protet ideal pendidikan di indonesia yang diharapkan mampu menjadi lokomotif kemajuan bangsa.
Sedangkan pada bab selanjutnya adalah menjelaskan problematika pendidikan indonesia yang menyebabkan indonesia belum mengalami lompatan-lompatan prestasi sesuai dengan harapan. Dalam bab ini menjadi kajian epimiris praktis yang mengidentifikasi prolem yang di alami dunia pendidikan yang harus segera di pecahkan.
Jika kita telah membaca semua buku ini dari bab satu hingga bab terakhir, tentu kita akan merasa gelisah dengan dunia pendidikan. Sedangkan kegelisahan tersebut saat akan melakukan sesuatua nampak kebingungan langkah apa yang seharusnya akan dilakukan? Maka hadirnya buku ini setidaknya telah memberikan angin segar dalam dunia pendidikan; sehingga buku ini sangat layak sekali dibaca bagi siapa saja baik guru orang tua mahasiswa pemerhati dunia pendidikan dan praktisi pendidikan. Selamat membaca.
Judul : Visi Pendidikan Transformatif KH. MA. Sahal Mahfudh
Penulis : Dr. Jamal Ma’mur Asmani MA
Penerbit : Globar Prees
Tebal : 155 halaman
Cetakan : 2021