BIODATA BUKU:
Judul: Statistika Pendidikan
Penulis: Syaiful Anam, Sugeng Prayitno
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
- Iklan -
Cetakan: Desember 2019
Tebal: 14 X 21 cm, x + 116 Halaman
ISBN: 978-623-7590-32-3
Mata Kuliah Statistika adalah mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa. Karena dengan mengetahui urgensi statistika pendidikan akan memudahkan para mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir seperti: skripsi, tesis, maupun disertasi. Ini merupakan bekal keilmuan untuk para mahasiswa khususnya yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Karena statistika berhubungan dengan angka, rumus yang menjurus pada matematika, membuat sebagian mahasiswa engan bahkan alergi dengan mata kulia ini, padahal jika penyampaian dosen menarik dan menyenangkan pembelajaran akan tetap mengasikkan dan tidak terkesan menjenuhkan. Buku ini akan mengupas tuntas pembelajaran statistika dan menghilangkan opini bahwa statistika itu menyeramkan dan membosankan.
Dalam buku ini diberikan berbagai contoh yang aplikatif dalam pengerjaan penyelesean sebuah masalah statistik yang langsung menyentuh kepada persoalan dalam implementasi penelitian. Dengan harapan buku ini dapat melengkapi buku statistik yang sudah ada, juga sebagai tambahan referensi dan penambah wawasan bagi mahasiswa maupun pembaca pada umumnya. (Hlm. v-vi)
Dengan terbitnya buku ini diharapkan akan memudahkan para guru, dosen maupun mahasiswa dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan statistika pendidikan. Dalam buku ini terdapat sepuluh BAB meliputi: hakikat statistika pendidikan, data statistika, penyajian data, ukuran pemusatan, ukuran gejala letak, ukuran penyebaran (varibilitas) data, pengantar statistika infersial, uji hubungan/korelasi, perbandingan/komperasi dan yang terakhir uji validasi. Sepuluh BAB yang disajikan diharapkan mencakup semua aspek yang ada dalam statistika yang sudah diringkas secara epic sehingga mudah dipahami oleh pembacanya.
Statistik merupakan kesimpulan fakta yang berbentuk angka yang disusun dalam benuk tabel, yang mengambarkan suatu persoalan. Dan Statistika yakni ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara atau metode pengumpulan data, pengolahan/penganalisisan data, penarikan kesimpulan, dan pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta yang ada. Statistisi adalah orang yang ahli dalam bidang statistik. (Hlm. 1) pada halaman awal kita diperkenalkan dengan definisi statistik, statistika dan statistisi yang akan memudahkan kita belajar tentang statistika.
Terdapat beberapa penggolongan statistika yakni berdasarkan sudut pandang fungsi statistik terbagi menjadi dua yaitu statistika deskriptif (deduktif), dan statistika infersial (induktif). Dan berdasarkan sudut pandang asumsi data juga terbagi menjadi dua: statistika parametrik dan non-parametrik. Sebelum menelaah lebih jauh tentang statistika terlebih mari kita belajar tentang fungsi statistik yakni: pengumpulan data, penyusunan, pengorganisasian data, tabulasi dan penyajian data, analisis data, penarikan kesimpulan, pembuatan perkiraan-ramalan, generalisasi hasil penelitian terhadap sampel kepada populasi.
Statistika pendidikan sendiri merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode-metode, dan prosedur yang diperlukan dalam pengumpulan data-data kuantitatif yang berhubungan dengan dunia pendidikan.(Hlm. 5) dalam dunia akademisi statistika sangat membatu menyelesaikan penelitian dan memudahkan para peneliti.
Manfaat sebuah benda bagi mahluk hidup tergantung seberapa jauh mahluk itu mengenali watak suatu benda. Misal ayam yang akan mendekat ketika diberi segengam jagung dan akan diam saja ketika diberi segengam uang maupun koin karena ayam mengenali jagung sebagai makanannya dan tidak mengenal watak uang padahal uang bisa untuk membeli jagung. Maka dari itu penting bagi kita belajar tentang statistika pendidikan supaya kita mengetahui manfaat dari statistika itu sendiri.
Belajar statistika bermanfaat untuk membantu para peneliti sehingga pekerjaannya akan lebih efisien, membantu peneliti memaparkan dat adalam bentuk angka dan grafik sehingga memudahkan untuk membaca data dan dapat mengambil kesimpulan yang tepat, membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara dua objek yang diteliti, membantu peneliti mengidentifikasi adakah hubungan variabel satu dengan yang lain, membantu memprediksi waktu yang akan datang, membantu menginterpretasikan atas data yang terkumpul.
Setelah mengetahui segudang manfaat dari statistika pendidikan pasti akan membuat anda lebih berkeinginan untuk mempelajari, memahami dan memiliki buku ini. Buku ini mudah dipahami dengan bahasa yang lugas dan penjelasan yang lengkap. Dalam buku ini juga terdapat struktur bagan yang memudahkan para pembaca untuk memahami penelitian dalam statistika.
Pada BAB selanjutnya pembaca akan disuguhi bagaimana cara menyajikan data. Pertama yang harus diketahui adalah distribusi frekuensi yakni susunan data mulai dari terkecil sampai data terbesar yang membagi banyak data ke dalam beberapa kelas. Tujuan utama pembuatan distribusi frekuensi ialah menyederhanakan dan memudahkan pembacaan suatu data sebagai bahan informasi bagi yang memerlukan. Distribusi frekuensi dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. (Hlm. 24)
Tabel ini fungsinya adalah sebagi alat penyajian data statistik terdiri dari baris dan kolom, terdapat angka sebagai pengambaran distribusi atau sebagai pembagian frekuensi dari variabel yang anda teliti. Terdapat tiga jenis tabel distribusi frekuensi yakni: tabel distribusi frekuensi data tunggal, tabel distribusi frekuensi data kelompok, tabel distribusi frekuensi komulatif. Dalam buku ini juga disajikan contoh sehingga untuk para peneliti pemula yang akan menjadikan statistika sebagi media penelitian akan dimudahkan.
Pada halaman 41 mengenai ukuran pemusatan tedensi sentral anda seolah akan dibawa pada masa lalu saat belajar matematika di SMP. Istilah yang akan membawa otak kita pada kenangan lampau yakni anda akan bertemu dengan mean atau rata-rata yang disuguhkan bagaimana cara mencari nilai rata-rata, kemudian median adalah nilai tenggah, pada bab ini kami yakin anda akan tersenyum karena ternyata pelajaran matematika saat SMP bermanfaat sampai bangku perkuliahan, dan yang selanjutnya adalah modus, pemanfaatan modus sendiri digunakan untuk mencari model atau karakteristik sejumlah data yang terkumpul dalam waktu yang sesingkat mungkin yang kedua modus tidak dapat diterapkan apabila dalam sejumlah data yang terkumpul terdapat dua skor yang memiliki frekuensi sama ataupun semua skor yang sama.
Sebuah pengetahuan yang pernah dipelajari namun lebih berkembang akan membuat kita semakin menikmati berkubang dalam belajar statistika, statistika bukan hanya tentang angka dan rumus, ketika anda sudah memahami urgensi statistika yang bisa memudahkan penelitian anda, anda akan memaknai statistika bukan hanya tentang barisan angka dan kumpulan rumus.
Kelebihan Buku: desain sampul yang simpel namun menarik, warna sampul sangat manis sehingga jika berjejer dengan buku lain kalian tidak akan menyangka jika buku ini isinya buku tentang statistika. Penjelasan yang disajikan mudah dipahami khususnya untuk para pemula yang baru ingin belajar di dunia statistika. Kertas yang digunakan mirip dengan kertas novel, jadi bagian fisik buku sangat direkomndasikan isinya juga berbobot.
Kekurangan Buku: seharusnya dalam buku ini juga diajarkan penggunaan SPSS sebuah aplikasi yang akan memudahkan para peneliti yang sepaket dengan statistika sehingga buku ini lebih komplit.
-Diresensi oleh: Anisa Rachma Agustina mahasiswa sekaligus pengiat literasi Pena Aswaja STAINU Temanggung. Yang sedang rindu mata kuliah statistika pendidikan, buku ini menjadi pengobat rindu sejenak terhadap dosen dan suasana kelas saat pembelajaran.