Berita

MI Manbaul Huda Temanggung Periksa Siswa Secara Berkala

Bagikan:

Temanggung, Maarifnujateng.or.id – MI Manbaul Huda Purwodadi Tembarak, Temanggung, bekerja sama dengan pihak Puskesmas Kecamatan Tembarak melaksanakan pemeriksaan berkala kelas II sampai VI, pada hari Rabu (19/2/2020).

Kegiatan ini untuk mendeteksi dini kesehatan siswa, sehingga ketika ditemukan masalah kesehatan pada diri siswa bisa langsung segera diadakan penanganan lebih lanjut.

Berdasarkan informasi dari Ibu Irma, salah satu petugas dari Puskesmas Tembarak, bahwa pemeriksaan berkala ini ini dilaksanakan di seluruh SD/MI se-Kecamatan Tembarak dengan jadwal berbeda dimulai dari tanggal 17 sampai 03 Maret 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di MI Manbaul Huda meliputi pemeriksaan kuku, gigi, telinga, kulit, BB/TB, dan mata.

“Kegiatan ini sangat positif, kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan seperti ini. Antara madrasah kami dan pihak Puskesmas telah terjalin hubungan erat, kami selalu berkomunikasi dengan pihak Puskesmas jika ada permasalahan kesehatan di madrasah, begitu pula sebaliknya pihak Puskesmas Tembarak juga aktif memberikan informasi mengenai program kesehatan kepada kami,” jelas Kepala Madrasah, Muhamad Adib, S.Pd.I.

Sementara Sri Hartini, Kepala UKS MI Manbaul Huda memberikan keterangan bahwa Pemeriksaan kesehatan berkala seperti ini memang rutin dilaksanakan selain program kesehatan lainnya, sebelum diadakan kegiatan, pihak Puskesmas memberikan surat pemberitahuan mengenai jadwal dan program, kemudian ditindaklanjuti oleh madrasah dengan mempersiapkan segala sesuatunya seperti data siswa dan sarpras yang diperlukan.
Pada pemeriksaan kali ini berhasil diperiksa sejumlah 458 siswa kelas II sampai dengan kelas VI yang masuk pada hari tersebut, sementara sejumlah 4 siswa yang tidak masuk akan diperiksa pada hari yang lain di Puskesmas Tembarak.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan Puskesmas kemudian diserahkan ke Madrasah untuk ditindak lanjuti. Secara umum permasalahan kesehatan yang ditemukan rata-rata adalah pada permasalahan karies gigi. (Adm/HI/MAHRUS).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan