Berita

Mengenal Lebih dalam Tentang Berita

Bagikan:

Wonosobo, Maarifnujateng.or.id – LP. Ma’arif PWNU Jawa Tengah bekerjasama dengan Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemenag RI dan LP Ma’arif PCNU Wonosobo resmi menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Literasi di SMP Almadina, Jumat (27/12/2019).

Kegiatan ini diisi oleh 2 pemateri tentang wawasan jurnalistik dan literasi serta teknis penulisan berita, yaitu Junaidi Abdul Munif dan Hamidulloh Ibda. Adapun peserta yang ikut berjumlah 60 peserta dari perwakilan jenjang MI, MTs, dan MA sekabupaten Wonosobo. Pemateri pertama Junaidi membahas tentang literasi. Sedangkan pemateri kedua, Ibda membahas tentang teknik menulis berita. Sebagai masyarakat kita harus bisa membedakan antara berita dan informasi.

Untuk membedakan hal tersebut, Ibda selaku pemateri kedua MENJELASKAN Berita itu harus ada wawancara dan klarifikasi. “Tentunya di dalam berita harus terdapat unsur-unsur berita, yaitu 5W+1 H sedangkan informasi tidak ada wawancara,” kata dia.

Untuk lebih mengenal berita, pemateri meminta peserta untuk mencoba menulis berita dengan tujuan agar peserta mampu menulis berita dengan baik dan sesuai dengan unsur-unsur berita.

Melihat antusias peserta diklat, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kedepannya dalam wawasan literasi dan kejurnalistikan. (admin/Murtanita Wiji P)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan