Lapak MaarifPustaka

Riwayat Para Penuntun

Maarifnujateng.or.id – Mengingat tokoh-tokoh dengan mencatatnya dalam rangka pengembangan tradisi literasi pada remaja, lomba penulisan biografi kiai lokal yang diselenggarakan LP Maarif PWNU Jawa Tengah, merupakan salah satu langkah baik demi penanaman minat budaya baca tulis pada peserta didik, khusunya murid sekolah menengah atas.

Penulisan biografi untuk mencatat tokohtokoh keagamaan lokal di penjuru Jawa Tengah adalah salah satu langkah tepat untuk memulai tradisi baca tulis dan pengingat atas tokoh-tokoh sebagai sumber sejarah pergerakannya demi kebaikan umat dan sosial. Pasalnya ketokohan kiai lokal ini dapat menjadi semacam pengenalan lintas kota se-Jawa Tengah agar tiap pembaca tulisan biografi—yang nantinya akan disatukan dalam sebuah kumpulan—mengetahui tokoh-tokoh yang dikenal di suatu kota sebagai penggerak kehidupan sosial dan beragama. Menulis biografi merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengenalkannya.

Para kiai yang riwayatnya secara singkat ditulis oleh peserta lomba setidaknya akan jadi lebih diperhatikan dan perjuangannya dalam menyebar ilmu dapat diapresiasi sehingga orang-orang akan mengenang tokoh-tokoh ini untuk seterusnya.  Meski zaman bergerak dinamis dan ringkas karena adanya modernisasi semacam internet atau komunikasi yang sangat instan, tentu mencari tahu tokoh-tokoh kiai yang berjasa bukan sesuatu yang sulit. Namun akan beda rasanya bila tulisan atau informasi yang terangkum di media maya dapat dicetak dalam bentuk buku, bukan hanya bacaan sekadar pencarian lewat internet, atau katakanlah secara digital yang bisa saja belum tentu akurat.

Buku, sesuatu yang kini kian terasa melankolik karena orang sudah beralih pada bacaan dari. Namun dengan sarana semacam ini, pengenalan tokoh tokoh keagamaan akan lebih bermanfaat sebab media yang digunakan berupa wujud fisik; sesuatu yang dapat digenggam berupa jilidan kertas tertata yang disebut buku. Pengenalan akan riwayat para tokoh akan lebih mengena bila ditulis dan diabadikan dalam kertas.  Kita patut berbahagia dan berbangga karena tulisan-tulisan ini bisa jadi perekam para tokoh tokoh yang sebelumnya kurang kita kenal. Pandangan filosofisnya, kehidupannya, serta bagaimana mereka bergerak bagi kepentingan beragama dan kehidupan bermasyarakat akan menjadi satu pembelajaran dan suri teladan bagi kita semua untuk kehidupan yang lebih baik

Buku ini merupakan salah satu hasil buah karya siswa-siswi Ma’arif se Jawa Tengah yang berhasil diterbitkan CV. Asna Pustaka. Buku ini berisi kumpulan biografi kiai lokal Nahdlatul Ulama (NU) yang ikut Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) XI LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah di Kabupaten Temanggung.

Buku ini ditulis dengan bahasa menarik, dan dicetak dengan kertas bookpaper yang sangat ringan dibawa dan tidak mengganggu mata saat Anda membacanya. Jika Anda berminat memiliki buku ini, silakan baca biodata dan nomor ponsel yang dapat dihubungi di bawah. (hi).

Biodata Buku:

Judul: Riwayat para penuntun

Penerbit: CV. Asna Pustaka

Pengarang: Khamisa Azka Zakia, Dkk.

Penyunting: M. Iqbal Dawami, Bagus Dwi Hananto

Tahun: 2019

ISBN: 978-623-91103-0-7

Website: www.maarifnujateng.or.id

Email: asnapustaka@gmail.com

Harga: Rp 45.000 (Belum termasuk ongkir)

HP: 08562674799/0822-7695-1949

Tinggalkan Balasan