Berita

PWNU Jawa Tengah Siap Jalin Kerjasama dengan Mahasiswa dan Pelajar Papua

Semarang, Maarifnujateng.or.id  – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah setelah menjalin kerjasama di bidang literasi dalam bentuk pengunaan buku-buku ke-NU-an, kini kerjasama berlanjut dengan masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar Papua.

Hal itu diungkapkan Sekretaris PWNU Jateng KH Hudallah Ridwan Naim kepada awak media, Senin (26/8/2019). Menurut Gus Huda, PWNU Jateng kini menjalin kerjasama tersebut kepada mahasiswa dan pelajar asal Papua yang sedangkan belajar di lembaga pendidikan baik jenjang SMA maupun perguruan tinggi di wilayah Jateng.

“PWNU Jawa Tengah siap membina, melindungi, dan mengayomi warga Papu khususnya mahasiswa maupun pelajar yang sedang belajar di Jawa Tengah. Hal ini merupakan bentuk aktualisasi nilai-nilai ukhuwah yang diajarkan di NU,” beber Gus Huda.

Pihaknya menegaskan, PWNU Jateng dalam rangka membangun Indonesia tanpa membedakan suku, ras, dan warna kulit siap bersinergi dengan semua elemen bangsa.

PWNU Jateng, menurutnya, menindaklanjuti harapan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua, Pdt. Lipiyus Biniluk yang menaruh harapan besar agar NU dan GP Ansor dapat membina sekaligus melindungi pemuda maupun mahasiswa Papua yang sedang belajar di pula Jawa khususnya di Jawa Tengah sendiri. Hal itu terungkap beberapa waktu lalu dalam konferensi pers bersama Tokoh Lintas Agama Papua, di Jayapura, Papua.

Bentuk kerjasama itu, menurut Gus Huda dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan. “Dapat berupa program pembinaan rohani, perlindungan keamanan,” kata Gus Huda.

Lebih teknis, pihaknya mencontohkan ketika liburan sekolah atau libur perkuliahan, warga NU di Papua mengagendakan ziarah ke makam ulama dan para wali di Jawa Tengah. “Bersamaan dengan kegiatan itu, mereka dapat silaturahmi dengan para ulama, kiai, pimpinan NU dan mengikuti kegiatan NU di wilayah Jawa Tengah,” katanya.

Dilanjutkan Gus Huda, format kegiatan masih dalam proses perumusan agar matang dan terstruktur. “Nanti kita agendakan lebih matang dan duduk bersama dengan mereka. Ke depan, untuk mendukung gerakan ini, PWNU Jateng akan melibatkan Badan Otonom dan semua lembaga di bawah PWNU Jateng,” lanjutnya.

Hal itu menurut Gus Huda merupakan bagian dari kepedulian PWNU Jateng terhadap NKRI. Maka PWNU Jateng merespon cepat harapan Ketua FKUB Papua dengan siap menjalin kerjasama dengan menggandeng masyarakat, mahasiswa, pelajar Papua yang berada di Jateng, sekaligus melibatkan Pemrov Jateng maupun Papua itu sendiri. (admin/HI)

Tinggalkan Balasan