BeritaRekomendasi

LP Ma`arif Sukoharjo Awali Pengembangan Madrasah Melalui Pendataan

Sukoharjo, Maarifnujateng.or.id – Bertempat di SMP Darul Qur`an Sukoharjo, Lembaga Pendidikan (LP) Ma`arif NU Kabupaten Sukoharjo melakukan pendataan madrasah/sekolah di bawah binaan LP Ma`arif. Kegiatan pendataan ini diikuti oleh 12 Madrasah/Sekolah yang terdiri dari MI/MTs/SMP/SMK pada Sabtu, 31 Agustus 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rois Syuriah PCNU, Sekretaris PCNU, Ketua LP Ma`arif NU Kabupaten Sukoharjo dan jajaran pengurus harian LP Ma`arif Sukoharjo. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua LP Ma`arif PWNU Jawa Tengah, Fakhruddin Karmani bersama tim pengelola data madrasah.

Dalam sambutan pengarahan rois syuriah PCNU Sukoharjo, Drs. KH Abdullah Faishol, M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus Wilayah LP Ma`arif NU Jawa Tengah dan LP Ma`arif Sukoharjo yang sudah melakukan terobosan dengan melakukan pendataan lembaga pendidikan di NU Sukoharjo.

“Alhamdulillah dan terima kasih ini LP Ma`arif Sukoharjo sudah memulai untuk mendata madrasah Ma`arif dan sebenarnya kita sudah punya banyak aset waqaf dari warga yang bisa dikembangkan untuk lembaga pendidikan Ma`arif. Silahkan dikoordinasikan dan dibantu melalui pengurus Ma`arif Wilayah, dan PCNU Sukoharjo siap mendukung,” ungkap beliau.

Sekretaris PCNU Sukoharjo, Moh. Lasimin, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan, bahwa LP Ma`arif memiliki peran penting dalam menangkal faham-faham Wahabi yang berkembang pesat diwilayah Sukoharjo dan sekitarnya. Melalui pendataan ini diharapkan menjadi awal bangkitnya LP Ma`arif Sukoharjo untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan sehingga Madrasah/Sekolah dibawah koordinasi Ma`arif menjadi sekolah rujukan masyarakat.

“Ini adalah koordinasi dengan ma`arif yang pertama dan kami sangat berharap di Sukoharjo ini bisa lahir Madrasah Ma`arif unggulan atau seperti sekolah IT yang menjadi rujukan masyarakat sehingga masyarakat tidak salah memilih sekolah/madrasah”.

Ketua LP Ma`arif Sukoharjo, Dr. Abbas menyampaikan apresiasi kepada Pengurus LP Ma`arif PWNU yang sudah melakukan pendataan madrasah di cabang-babang. “Pendataan madrasah ini sangat penting untuk melihat dan memetakan mutu dan kualitas lembaga ma`arif, dan dari data inilah kami harapkan LP Ma`arif Sukoharjo bisa mengembangkan perencanaan yang baik agar bisa bersaing dengan sekolah/madrasah lain di Sukoharjo,” bebernya.

Sementara Wakil Ketua LP Ma`arif PWNU Jawa Tengah, Fakhruddin Karmani, MSI dalam sambutannya berharap agar pendataan di LP Ma`arif Sukoharjo ini akan melahirkan profil masing-masing madrasah dan profil Lembaga Ma`arif Sukoharjo yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan perencaaan oleh LP Ma`arif dengan berbasis data, termasuk perencanaan pengembangan mutu dan pengelolaan lembaga.

“Pendataan madrasah ini adalah program pengurus baru dan akan dilakukan disemua Cabang Ma`arif di Jawa Tengah, harapannya ini akan selesai di 2019 ini. Dan kedepan semua perencanaan dan strategi pengembangan madrasah ma`arif akan berbasis data,” ungkap Fakhruddin Karmani yang juga Ketua Yayasan Hasyim Asy`ari Sumber Blora. (admin/Ibda).

Tinggalkan Balasan