Judul: Strategi Menyusun Dokumen 1 KTSP bagi Kepala Madrasah
Penulis: Musrinah, M.Pd.I
ISBN: 978-623-6769-65-2
Cetakan: I, Maret 2021
Tebal: 14 x 21 cm, x + 60 Halaman
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara
Peresensi: Hamidulloh Ibda
Buku karya pengawas madrasah di bawah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung ini memilih judul yang tampaknya agak menyentil. Sebab, kurikulum saat ini adalah Kurikulum 2013, namun penulis buku yang diterbitkan CV. Pilar Nusantara ini masih menulis “Dokumen 1 KTSP”.
Kurikulum KTSP dengan Dokumen 1 KTSP memiliki perbedaan. Ternyata, setelah saya membacanya isi di dalam buku yang terbi Maret 2021 ini memiliki berbedaan. Di dalamnya, dijelaskan dasar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah harus menyusun kurikulum dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, serta berpedoman pada panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Dengan terbitnya beberapa Peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang berkaitan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), maka pengembangan kurikulum harus pula mengacu pada 8 SNP yaitu Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses, Standar Pengelolaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan (hlm. v).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan, yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik (hlm. vi).
- Iklan -
Penulisan buku ini tentu memiliki tujuan, salah satu intinya adalah memublikasikan hasil riset yang dilakukan penulis. Tujuan utama dari buku hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan dan efektifitas bimbingan teknik pengawas untuk meningkatkan kinerja Kepala Madrasah dalam penyusunan dokumen 1 KTSP di MI binaan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020.
Buku ini berangkat dari penelitian penulis berjudul ”Peningkatan Kinerja Kepala Madrasah dalam Penyusunan Dokumen 1 KTSP melalui Bimbingan Teknis di MI Binaan Kecamatan Tembarak dan Selopampang Kabupaten Temanggung Tahun Pelajarlan 2019/2020.”
Dari hasil penelitian itu, penulis sengaja mengubahnya menjadi sebuah buku. Dalam buku ini, diuraikan bahwa Dokumen 1 KTSP merupakan salah satu dokumen wajib yang harus dipenuhi. Adapun komponen KTSP di dalam buku dijelaskan meliputi beberapa aspek dan sistematika penyusunan. Pertama, bagian depan berisi cover, lembar pengesahan, kata pengantar dan daftar isi. Kedua, Bab I Pendahuluan berisi latar belakang, landasan dan tujuan pengembangan KTSP. Ketiga, Bab II Tujuan Satuan Pendidikan berisi tujuan pendidikan menengah, visi dan misi sekolah/madrasah, tujuan sekolah. Keempat, Bab III Struktur Muatan Kurikulum berisi struktur kurikulum, muatan kurikulum (mata pelajaran, muatan lokal, kegiatan pengembangan diri, pengaturan beban belajar, ketuntasan belajar, kriteria kenaikan kelas dan kelulusan, pendidian kecakapan hidup, dan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global).
Kelima, Kalender Pendidikan. Berisi tentang kalender pendidikan yang digunakan oleh sekolah, yang disusun berdasarkan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan setempat, dise- suaikan dengan kebutuhan dan karakteristik sekolah, serta kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan aturan kalender pendidikan sebagaimana tercantum dalam Standar Isi (Lihat instruksi kerja penyu-sunan kalender pendidikan pada Lampiran 3, Contoh kalender pendidikan provinsi pada Lampiran 7, dan Contoh kalender pendidikan SD pada Lampiran 8). Terakhir adalah lampiran, berupa silabus semua mata pelajaran dan silabus muatan lokal semua tingkatan kelas dan semua jurusan dengan memperhatikan rambu-rambu/panduan pengembangan silabus (hlm. 24-30)
Dalam buku hasil riset ini, ada beberapa temuan. Khususnya, temuan tentang pembinaan pengawas kepada kepala madrasah dalam menyusun Dokumen 1 KTSP. Pertama, pembinaan pengawas dalam upaya meningkatkan kinerja Kepala Madrasah dalam menyusun dokumen 1 KTSP melalui Bimbingan Teknis menunjukkan peningkatan hal ini bisa dilihat dari data ketuntasannya mencapai 100% sesuai dengan target yang ditetapkan. Kedua, pembinaan pengawas dalam upaya meningkatkan kinerja Kepala Madrasah dalam menyusun dokumen 1 KTSP melalui bimbingan Teknis berjalan efektif, hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata pada siklus pertama 72,4 pada siklus kedua nilai rata rata 83,5 terjadi peningkatan nilai rata-rata 11,1. Dari hasil analisis data tidak ada nilai di bawah 72,4 artinya menurut kriteria semua dokumen 1 KTSP dapat di syahkan (hlm. 53).
Kepada Kepala Madrasah diharapkan selalu mengikuti perkembangan zaman, terutama dengan membaca hasil karya para ahli sehingga tidak ketinggalan dengan daerah lain, dalam meningkatkan mutu pendidikan, sebagai tanggung jawab bersama memajukan pendidikan (hlm.54).
Dikarenakan buku ini adalah buku hasil penelitian tentu memiliki kelebihan yang disuguhkan. Utamanya metode dalam meningkatkan kinerja kepada madrasah dalam menyusun Dokumen 1 KTSP. Meski demikian, buku ini juga memiliki kekurangan meliputi redaksi yang belum sepenuhnya merujuk pada KBBI dan PUEBI, rujukan masih minim, dan layout buku masih kaku. Namun, tak ada salahnya bagi guru, kepala madrasah/sekolah dan pengawas dalam mencicipi buku ini sebagai hidangan intelektual.
-Peresensi adalah Dosen dan Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STAINU Temanggung.