Berita

PORSEMA 2015 GERAKAN KEBANGKITAN MADRASAH

Perwakilan cabang dan pimpinan kontingen tampak antusias mengikuti drawing yang diadakan di Hall PWNU Jl. Dr. Cipto 180 kemarin
Perwakilan cabang dan pimpinan kontingen tampak antusias mengikuti drawing yang diadakan di Hall PWNU Jl. Dr. Cipto 180, Minggu (24/5)

Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) 2015  dan Olimpiade Sains & Ke-NU-an tinggal menghitung hari. Rencananya gawe akbar LP Ma’arif NU Jateng ini akan dilaksanakan pada 28-31 Mei 2015 di Kebumen. Beberapa rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan di antaranya adalah Safari Sosialisasi Porsema 2015 dan Olimpiade Sains & Ke-NU-an yang digelar bersamaan dengan Rapat Koordinasi Daerah di enam wilayah eks Karsidenan di Jawa Tengah yang telah dilaksanakan pada April 2015.

Sebagai lanjutan dari kegiatan Rakorda pada 25-26 April 2015  diadakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang dilaksanakan di  Hotel Candisari Karanganyar Kebumen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Se Jawa Tengah. Dalam Rakorwil tersebut juga dibahas berbagai macam agenda kegiatan LP Ma’arif termasuk persiapan Porsema 2015 dan  Olimpiade Sains & Ke-NU-an. Kegiatan Rakorwil ditutup dengan tinjau lokasi dan cek akhir persiapan Porsema.

Porsema 2015 dan Olimpiade Sains & Ke-NU-an akan diikuti oleh 3.783 atlet dan official yang merupakan utusan dari  31 cabang LP Ma’arif NU  kabupaten/kota di  Jawa Tengah. Mereka akan berlomba memperebutkan 74 kejuaraan dari 27 cabang lomba yang akan ditandingkan. Ke 27 cabang lomba tersebut terdiri dari cabang seni, olah raga, dan Olimpiade Aains & Ke-NU-an.

Ketua Panitia Porsema 2015 Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag, mengatakan kegiatan Porsema  dan Olimpiade Sains & Ke-NU-an merupakan ajang untuk menjaring potensi,bakat, talenta   bidang olah raga, seni, dan sains siswa-siswi madrasah/sekolah di Jawa Tengah. “Kegiatan Porsema sangat dinanti-nanti oleh seluruh madrasah/sekolah di Jawa Tengah. Alhamdulillah pengurus-pengurus cabang LP Ma’arif kabupaten/kota juga sudah mempersiapkan dengan matang kegiatan Porsema ini. Seleksi di pengurus cabang sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi yang dikirim ke Porsema nanti merupakan pemenang di tingkat kabupaten/kota” ungkap Fatah Syukur.

Pada Minggu (24/5) dilaksanakan drawing  atau pengundian nomor urut dan penentuan pasangan pertandingan. Kegiatan  drawing ini dilaksanakan di Hall PWNU Jateng di Jl. Dr. Cipto 180 dihadiri  dan disaksikan oleh perwakilan oleh 31 pengurus cabang dan official kabupaten/kota se Jawa Tengah  dengan penuh sportivitas dan semangat Aswaja

Ketua LP Ma’arif NU Jateng H. Agus Sofwan Hadi mengatakan bahwa Porsema 2015 dan Olimpiade Sains & Ke-NU-an merupakan gerakan kebangkitan madrasah/sekolah di Jawa Tengah. “Kegiatan ini adalah gerakan kebangkitan madrasah/sekolah. Madrasah/sekolah yang bernaung di bawah LP Ma’arif NU Jateng jumlahnya  mencapai lima ribuan lebih. Jumlah ini tentu memiliki posisi  dan peran yang sangat strategis  kancah pendidikan regional maupun nasional. Tema Porsema 2015 kali ini adalah Spirit Aswaja. Kita ingin menyampaikan pesan bahwa  madrasah/sekolah dengan semangat dan nilai-nilai Aswajanya  akan lebih banyak berperan dalam   membantu terwujudnya tujuan pendidikan nasional   yakni mencerdaskan kehidupan bangsa “ tegas Agus.

Sebelumnya Agus bersama panitia Porsema wilayah mupun local telah melakukan audiensi dengan Bupati Kebumen H. Buyar Winarso. Pemkab Kebumen menurut Buyar akan mendukung sepenuhnya kegiatan Porsema nanti. Buyar Berjanji akan mendayagunakan seluruh SKPD di wilayahnya untuk mendukung sukses terselengaranya kegiatan Porsema 2015 dan Olimpiade Sains & Ke-NU-an yang rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Muslihudin el Hasanudin)

Tinggalkan Balasan