Berita

Kakemenag Jateng: Sinkronisasi Pengembangan Madrasah Mutlak Diperlukan

Kakemenag Jateng Drs. H. Ahmadi, M. Ag (tengah) saat menerima Pengurus Wilayah LP Ma'arif NU Jateng
Kakemenag Jateng Drs. H. Ahmadi, M. Ag (tengah) saat menerima Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jateng

Kualitas kehidupan beragama masyarakat sekarang telah mengalami peningkatan  dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya partisipasi masyarakat yang ingin mengelola dan mendirikan pendidikan berbasis agama.  Hal ini juga sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang mempercayakan pendidikan putra-putrinya di madrasah. Oleh karena itu lembaga-lembaga yang terlibat dalam pengelolaan sekolah atau madrasah  harus saling sinergi  satu koordinasi  mewujudkan visi memajukan madrasah.

Demikian dikatakan oleh Kepala Kementrian Agama Jateng Drs. H. Ahmadi, M.Ag. saat menerima silaturahmi Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jateng di kantornya Jumat (23/1). Lebih lanjut Ahmadi mengatakan bahwa selama dua bulan bertugas di Jateng pihaknya telah menerima 20 pengajuan pendirian madrasah baru.

“Animo masyarakat untuk membangun dan mendirikan madrasah sungguh  luarbiasa. Mudah-mudahan nantinya juga terjadi persaingan sehat. Saya sebenarnya  tidak begitu setuju dengan aturan minimal jarak 60 km   dalam pendirian madrasah baru. Kalau alasannya jarak, kan sekarang perkembangan alat transportasi sudah sedemikian pesat. Koordinasi sekarang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu” jelas Ahmadi.

Namun demikian Kakemenag yang baru menjabat dua bulan di Jateng ini mengingatkan pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas madrasah agar bisa berkompetesi dalam persaingan global.

Lebih khusus Ahmadi meminta LP Ma’arif sebagai salah satu lembaga yang memiliki peran strategis dalam peningkatan mutu madrasah di Jateng agar senantiasa berkoordinasi dengan pihaknya.

“Semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan madrasah harus saling sinergi, koordinasi. Tujuannya apa, agar sinkron, tidak tumpang tindih, tidak mubazir, termasuk dalam hal anggaran.  Program-program dan kegiatan Ma’arif tadi saya dengar sangat bagus, karena bisa langsung bersentuhan dengan kepala-kepala madrasah di daerah. Saya kira suatu saat kita perlu adakan dialog atau forum khusus untuk membahas ini” harap Ahmadi.

Dalam silaturrahmi tersebut Ketua PW LP Ma’arif NU Jateng H. Agus Sofwan Hadi, SH melaporkan berbagai hal terkait program-program LP Ma’arif NU Jateng dan  perkembangan terkini madrasah-/sekolah  di lingkungan LP Ma’arif NU Jateng.

Turut serta dalam rombongan tersebut antara lain; Sekretaris  Drs. Sahidin, M.Si, Bidang Madrasah Tsanawiyah Dr. H. Noor Abadi M.Pd  dan Drs. Junaidi M.Pd,  Bidang Madrasah Aliyah Antin Latifah, M.Ag,  Bidang Dikdasmen Ilyas Johari, MM, dan Bidang Kerjasama Usaha Muslihudin MM.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan itu dibahas juga berbagai isu hangat  pendidikan seperti  Kurikulum 2013, sertifikasi, dan lain-lain. Selain  bersilaturrahmi dengan  Kakemenag, rombongan PW LP Ma’arif NU Jateng juga menemui Kabid Mapenda yang juga penasihat LP Ma’arif NU Jateng Drs. H. Jamun Effendi. (Muslihudin el Hasanudin)

Tinggalkan Balasan