Pustaka

Paradigma Metode Penelitian Pendidikan

Bagikan:

Judul :  Metode Penelitian Pendidikan
Penulis : Sugiyono
Penerbit : Alfabeta
Cetakan : Edisi ke-3 Cetakan ke 1, 2019
Tebal : 908 Halaman
ISBN : 978-602-289-520-6

Secara umum metode merupakan sistem, sedangkan penelitian perspektif umum yaitu cara mendapatkan data yang kemudian di presentasikan hasilnya. Menurut Prof. Dr Sugiyono, metode penelitian secara umum dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam buku ini di bahas dengan sangat jelas dan tuntas bagaimana cara kita memilih serta memilah metode penelitian yang pas bagi pendidikan serta sasaran objek penelitian.

Metode yang disajikan dalam buku ini bukan hanya metode kualitatif dan kuantiatif saja akan tetapi banyak terkandung didalamnya metode kombinasi dan cara-cara mengkombinasikan metode agar menjadi metode baru, Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang memiliki tujuan untuk mengembangkan hasil penelitian juga terdapat di buku ini, sehingga di perlukan buku ini sebagai penunjang serta kebutuhan bagi mereka yang sedang melakukan penelitian pendidikan agar tidak merasa binggung.

Buku yang di lengkapi dengan contoh-contoh dan sasaran penelitian ini akan menjadikan kita melek bagaimana langkah bagi pemula melakukan suatu penelitian pendidikan serta tidak akan dirasakan kebinggungan karena metode yang jelas dan mudah dipahami mampu di aplikasikan pada lingkungan kita terutama di sistem pendidikan Indonesia.

Menurut Prof. Dr. Sugiyono, Indonesia yang sudah lebih dari 60 tahun merdeka tetapi belum memiliki kualitas Sumber Daya Manusia yang memadai. Hal ini diantaranya disebabkan karena kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan dari berbagai jalur, jenjang dan jenis pendidikan belum memadai dan masih melakukan penyempurnaan sistem Pendidikan.

Pada buku ini dikemukakan penelitian dengan metode kuantitatif, kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Metode kuantitatif  yang bisa di sama artikan Metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti, menguji dan menggambarkan hipotesis yang telah ditetapkan. Sedangkan metode kualitatif digunakan pada penelitian yang obyeknya bersifat alamiah, di mana peneliti sebagai kunci dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara trianggulasi yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Metode penelitian kombinasi yang dilandaskan pada filsafat positivisme dan postpositivisme digunakan pada obyek alamiah maupun buatan di mana peneliti bisa sebagai kunci untuk melakukan suatu pengukuran, dengan menggunakan teknik test, gabungan dan kuesioner dengan analisis yang bersifat induktif dan deduktif yang kemudian bisa menghasilkan data yang mampu dijadikan generalisasi.

Dari ketiga metode tersebut masing-masing diantara metode memiliki 3 perbedaan yaitu Aksioma, Perbedaan proses penelitian dan perbedaan karakteristik penelitian. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk meneliti, merancang, memproduksi dan menguji validitas produk yang telah di hasilkan yang kemudian untuk di kembangkan, dari kegiatan pengertian tersebut dapat di singkat menjadi 4P (Pengertian, Penelitian, Perancangan dan Pengujian). Buku ini terdiri dalam lima bagian yang dipecah kembali menjadi 25 bab. Bagian 1. Perspektif Metode Penelitian Bab I. Konsep Dasar Metode Penelitian Pendidikan

Bagian 2. Metode Penelitian Kuantitatif Bab II. Pengertian, Proses Pnelitian, Masalah Dan Variabel Penelitian Bab II. Landasan Teori, Kerangka Berfikir Dan Hipotesis Bab IV. Metode Penelitian Eksperimen Bab V. Populasi Dan Sampel Bab VI. Skala Pengukuran Dan Instrumen Peneletitian Bab VII. Teknik Pengeumpulan Data Bab VII. Teknik Analisa Data Bab IX. Contoh Penulisan Data Dan Pengajuan Hipotesis Bab X. Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif Bab XI. Menyusun Laporan Penelitian Kuantitatif

Bagian 3. Metode Penelitian Kualitatif Bab XII. Masalah, Fokus, Judul Dan Teori Dalam Penelitian Kualitatif Bab XIII. Populasi dan sampel dalampenelitian Kualitatif Bab XIV. Instrumen dan Teknik Pengumpulan data Bab XV. Teknik Analisa Data Dalam Penelitian Kualitatif Bab XVI. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Kualitatif Bab XVII. Penyusunan Proposal Penelituia Kualitatif Bab XVIII. Penyusunan Laporan Penelitian Kualitatif.

Bagian 4. Metode Penelitian Kombinasi Bab XIX. Konsep Dasar Metode Penelitian Kombinasi Bab XX. Metode Kombinasi Model/ Desain Sequential Explanatory Bab XXI. Metode kombinasi model/ Desain Sequential Explanatory Bab XXII. Metode kombinasi Desain Concurrent Trianggulation Bab XXIII.  Metode kombinasi model Concurrent Trianggulation

Bagian 5. Metode Penelitian Dan Pengembangan (R & D) Dan Tindakan Bab XXIV. Metode Penelitian dan Pengembangan Bab XXV. Metode Penelitian Tindakan Daftar Pustaka Daftar Tabel Statistik.

Buku Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) yang ditulis oleh Prof. Dr. Sugiyono sangat bagus untuk digunakan oleh mahasiswa yang sedang melakukan studi S1, S2, S3 dalam penyusunan skripsi, Tesis, Disertasi maupun Karya Tulis Ilmiah yang di perlukan Penelitian ataupun kalangan intelektual dan umum untuk dijadikan pedoman dalam penelitian.

Hal ini disebabkan karena dalam buku ini secara lengkap membahas hal-hal yang berkaitan dengan metode penelitian kualitatif, kuantitatif, Kombinasi dan metode penelitian R&D. Buku ini juga berisi contoh analisa data dan pengujian hipotesis yang menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mempermudah pemilihan jenis uji statistik yang akan digunakan.

Selain itu, dalam buku ini juga memaparkan sistematika dalam pembuatan proposal, laporan serta obyek penelitian sekaligus ontoh dalam penelitian pendidikan yang bersifat kualitatif, kuantitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan yang liannya. Sehingga buku ini menjadi kebutuhan dasar bagi kaum Mahasiswa maupun umum untuk melakukan penelitian.

Buku ini menjadi buku yang sangat komplit akan tetapi di temukan sistematika penelitian penukisan yang salah pada daftar isi yang menimbulkan suatu kebinggungan untuk mehnyamakan dengan halaman buku karya prof. Sugiono serta belum juga dicantumkan kode etik penelitian sehingga kita sebagai pengguna buku itu masih merasa berkurang.

-Diresensi Fika Khalwa Ngaisah, Mahasiswi Prodi PAI STAINU Temanggung.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan