Berita

Fatayat Se Banyumas Korda di Banjarnegara

Bagikan:

Banjarnegara, Maarifnujateng.or.id – Tepat hari ini Minggu 15 Maret 2020 di Gedung Sasana Bahkti Praja Setda Banjarnegara Jawa Tengah telah dilaksanakan Korda (Koordinasi Daerah) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Eks. Karesidenan Banyumas Jawa Tengah.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Wakil Ketua PWFNU Jawa Tengah dan Ibu Ketua PCFNU Banjarnegara Ibu Siti Azizah Hajar, M.Pd. Acara Korda ini diikuti oleh empat kabupaten yaitu Cilacap, Banjarnegara, Banyumas dan Purbalingga dan seluruh PAC yang ada di Banjarnegara.

Acara inti dari Korda ini membahas tentang Laporan Kegiatan Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Banjarnegara bulan September 2019 sd Maret 2020, Laporan Kegiatan Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Banyumas Periode Januari sampai Maret 2020, Laporan Kegiatan Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Purbalingga periode September 2019 sd Maret 2020, Laporan Kegiatan Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Cilacap, membahas data base PC Fatayat NU dan membahas persiapan harlah Fatayat NU. Fatayat NU adalah Badan Otonom NU untuk kalangan perempuan muda. Organisasi ini didirikan pada 7 Rajab 1369 H/24 April 1950.

Kata fatayat berasal dari bahasa Arab yang berarti pemudi. Masa perintisan Fatayat NU dimulai ketika NU menyelenggarakan Muktamar ke-15 di Surabaya pada tahun 1940. Sejumlah pelajar putri MTs NU Surabaya bergabung dalam kepanitiaan acara tersebut bersama para perempuan dari NU Muslimat (NUM).

Keterlibatan para perempuan NU terus berlangsung dalam muktamar-muktamar berikutnya, tetapi sekadar dalam kepanitiaan. Kelompok tersebut menyebut dirinya Putri NUM, Pemudi NUM, dan Fatayat. Kepengurusan NUM pada 1946 sudah memasukkan perempuan-perempuan muda sebagai pengurus. Mereka inilah yang menjadi sumber daya manusia ketika Fatayat NU didirikan. (admin).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan