MI ELPIST Temanggung Divisitasi Kanwil Kemenag

Suasana visitasi MI ELPIST

Temanggung, Maarifnujateng.or.id – Setelah mendapat rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung beberapa waktu lalu, pendirian MI ELPIST Temanggung di bawah naungan YAPTINU yang secara teknis dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung semakin mendapat lampu terang. Pada Senin (24/5/2022), Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melakukan visitasi izin operasional MI ELPIST Temanggung sebelum izin dikeluarkan.

Dalam kesempatan itu, Rektor INISNU Dr. Muh. Baehaqi, mengatakan bahwa tujuan didirikannya MI Elpist untuk meningkatkan kualitas SDM unggul dan kader Nahdlatul Ulama. “Kami mengharapkan agar tim verifikasi Kanwil Kemenag Jateng untuk memberikan arahan terhadap kekurangan baik administrasi ataupun sarana parasarana lainnya,” bebernya.

Ketua YAPTINU H. Nur Makhsun mengatakan bahwa MI Elpist didirikan untuk menjadi labschoolnya Prodi PGMI FTK INISNU Temanggung. “Hadirnya MI Elpist juga berangkat dari permintaaan dari wali murid TK Elpist untuk pendidikan lanjut bagi putra-putrinya.

Pihaknya mendukung untuk pendirian MI Slpist dengan dukungan SDM dan sarana prasarana. Diharapkan tahun 2022/2023 dapat mulai operasional untuk menerima siswa dan melaksanakan pembelajaran.

Tim verifikasi Kanwil Kemenag Jateng Badrus Salam menyampaikan bahwa pihak Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah berkompeten untuk mengadakan verifikasi izin operasional bagi masyarakat yang akan mendirikan madrasah termasuk MI Elpist INISNU Temanggung.

“Tujuannya agar MI yang berdiri sesuai dengan standar pendidikan dan sesuai dengan regulasi yang ada. Persoalan izin operasional akan terbit atau tidak bergantung dari verifikasi faktual yang dilakukan,” katanya.

Kanwil Kemenag Jateng, katanya, akan mengadakan rapat pleno untuk menentukan hasil verifikasi madrasah di Jawa Tengah bersama Sie Pendma se Jawa Tengah yang di wilayahnya ada madrasah yang mengajukan izin operasional.

Beberapa rekomendasi dan catatan disampaikan kepala pengelola MI Elpist. Tim verifikasi Asyik Junaedi memberikan catatan untuk melengkapi kekurangan seperti status tanah dari YAPTINU untuk MI Elpist, site plane, segera dibangun gedung khusus MI secara terpisah dengan kampus INISNU.

Selain tim verifikasi Badrus Salam, Asyik Junaedi dan Sugiono, dalam kesempatan itu, hadir juga mendampingi tim visitasi yaitu Kasi Pendma Ahmad Sugiarto SH MH, Solihin S.Ag dari Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung, Dekan FTK, jajaran calon kepala MI dan calon guru.(Adm/Ibda)

Exit mobile version