Mahasiswa INISNU Digembleng Publikasi Ilmiah

Suasana workshop publikasi ilmiah mahasiswa INISNU Temanggung

Temanggung, Maarifnujateng.or.id – Biro Akademik dan Kemahasiswaan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung menggelar Workshop Publikasi Ilmiah Mahasiswa pada Selasa (24/5/2022) yang diikuti 101 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Fakultas Syariah, Hukum, dan Ekonomi Islam di aula lantai 3.

Pada pembukaan, Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Moh. Syafi’ berharap agar kegiatan itu menjadi pelejit mutu mahasiswa dalam publikasi ilmiah utamanya dari penelitian skripsi dan nonskripsi.

Kegiatan itu mendatangkan empat narasumber dengan materi berbeda. Materi Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley/Zotero) disampaikan Andrian Gandi Wijanarko, M.Pd., Metodologi Penelitian: Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah disampaikan Dr. Husna Nashihin, M.Pd.I., Teknik Publikasi Ilmiah di Jurnal Ilmiah: Penulisan, Memilih Jurnal dan Submit disampaikan Sigit Tri Utomo, M.Pd.I, dan Teknik Parafrasa dan Terhindar Plagiasi
disampaikan Hamidulloh Ibda, M.Pd.

Disampaikan Hamidulloh Ibda yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, bahwa sejak Januari 2022 telah ditetapkan mahasiswa bisa mengambil tugas akhir skripsi dan nonskripsi. Untuk tugas akhir nonskripsi ada artikel ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Nasional terindeks Sinta 1-4, buku hasil riset ber-ISBN dan Hak Cipta, buku karya sastra ber-ISBN dan Hak Cipta, dan karya desain, seni, teknologi, arsitektur yang mendapat Hak Paten, dan kejuaraan tingkat nasional atau internasional juara 1 sampai 3.

“Maksimal similarity atau plagiasi pada skripsi Anda adalah 35 persen. Kampus sudah menyediakan Turnitin untuk Anda, dosen dan juga umum,” katanya.

Pihaknya berharap, menulis bukan berhenti saat kuliah dan memenuhi syarat kelulusan, namun menjadi budaya ilmiah sampai nanti. (Adm).

Exit mobile version