Penelitian, Pertanian, dan Inovasi Teknologi

Oleh  Nur Lailatul Farida

Bagaimana pertanian Indonesia mampu berkembang di era minimnya lahan pertanian? Inilah masalah terbesar  yang dihadapi oleh petani  yang masih mempertahankan pertanian, di era modern seperti ini pertanian mulai tersisihkan dengan adanya industri-industri  yang menjanjikan keuntungan berlimpah.  Bayangkan saja jika pertanian mengalami kematian, apa yang akan diperbuat oleh manusia? Semua jenis pangan akan mendatangkan dari luar, bahkan makanan pokok asli Indonesia akan tergantikan dengan makanan-makanan asing. Jelas itu tidak kita inginkan bukan? Maka dari itu dibutuhkan dukungan dan kesadaran dari beberapa pihak untuk memajukan pertanian, pertanian yang maju akan menghasilkan  kualitas produk-produk pangan yang mampu bersaing di pasaran Internasional. Dibutuhkan strategi yang tertata untuk mampu berada dikondisi seperti itu, salah satunya dengan mengembangkan teknologi.

Perkembangan teknologi sangatlah perlu ditunjang dari adanya fasilitas, infrastruktur, modal dan suatu penelitian. Penelitian sangat berperan penting dalam kesuksesan suatu program, kegiatan maupun penerapan. Penelitian juga akan membawa dampak buruk jika tidak ada dukungan dari beberapa pihak, kesadaran yang minim masyarakat Indonesia terhadap peneliti  akan membawa data-data yang tidak akurat dan tidak aktual kemudian berimbas pada penerapan yang tidak sesuai atau bahkan mencapai kegagalan. Lalu bagaimana penelitian terhadap inovasi teknologi pertanian? Dan bagaimana pula inovasi teknologi mampu berkembang merata diseluruh petani Indonesia?

Penelitian terhadap  Inovasi Teknologi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, sehingga diperlukannya penanganan terhadap masalah-masalah yang timbul. Salah satunya dibidang pertanian, adanya suatu lembaga penelitian merupakan titik kunci penyelesaian masalah pertanian. Bagaimana pertanian diarahkan menuju jalan yang menghasilkan produk-produk pangan yang berkualitas dengan tidak menyampingkan kesejahteraan petani. Selain menjadi pemecahan masalah, penelitian dibutuhkan karena minimnya kesadaran ilmu pengetahuan, kemampuan ataupun pemahaman dan pemenuhan pengembangan suatu negara.

Penelitian akan inovasi teknologi dikatakan berkembang cukup pesat dilihat dari munculnya inovasi-inovasi teknologi terbaru dibidang pertanian. Namun, tidak sedikit yang memandang tidak adanya penelitian dikarenakan wujud nyata penelitian hanya dilakukan dibeberapa tempat atau dapat dikatakan tidak menyeluruh. Terlepas dari pandangan buruk ataupun baik, tujuan utama diadakan penelitian agar permasalahan dibidang masing-masing  mampu teratasi sehingga membawa dampak baik untuk Indonesia melangkah dan berkembang maju.

Meskipun teknologi pertanian sudah mampu dijumpai dengan mudah, namun alat-alat tradisional pertanian tetap menjadi unggulan bagi para petani kecil. Hanya petani skala besar yang mampu menikmati hasil dikarenakan biaya awal yang mahal menjadikan masalah tersendiri bagi petani yang tidak memiliki dana cukup besar, diimbangi lagi dengan hasil panen yang tidak terduga.

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa penelitian selalu berhasil dalam percobaan skala kecil atau penelitian dibeberapa tempat namun kerap kali melempem dalam implementasi pada para petani.  Seharusnya peneliti melakukan titik fokus pada daerah masing-masing, sehingga implementasi hanya diterapkan di daerah yang digunakan untuk penelitian. Tidak hanya memudahkan fokus data terkait daerah, namun juga mampu membantu pengingkatan pendapatan pertanian walau tidak signifikan.

Peran Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi merupakan kunci emas untuk meningkatkan kemajuan Indonesia dengan penelitian yang dilakukannya. Penyebaran secara merata disetiap pelosok daerah akan mampu menambah data baru permasalahan yang harus mendapatkan penyelesaian, dari masalah yang timbul disetiap daerahnya penelitian berusaha membangun kunci untuk menyelesaikan dengan data-data yang sudah didapatkan, implementasi yang kurang merata atau kendala teknologi setiap daerah yang berbeda-beda. Maka dari itu dibutuhnya penyelesaian yang berbeda-beda, contohnya di Kabupaten Kediri inovasi teknologi pertanian yang masuk daerah ini masih sedikit, dilihat dari beberapa para petani yang meminta bantuan kepada buruh tani untuk menyangkul sawahnya. Begitu juga dengan masa panen, tidak  sedikit dari para petani yang masih menggunakan tenaga manusia. Terkadang kelebihan itu dapat dijadikan kunci kesuksesan dengan cara adanya dukungan dari beberapa pihak yang menginginkan hal yang sama. Daerah ini mampu memanfaatkan tenaga manusia untuk membuka suatu peluang usaha bisnis, seandainya itu ternyata maka peralihan secara perlahan pada pertanian akan terbuka dan memasukkan tenaga teknologi dalam penerapannya, dan para pekerja (buruh tani) mereka akan mendapatkan peluang bisnis untuk kesejahteraan mereka sendiri.

Dibutuhkannya peran setiap lapisan, baik dari individu masing-masing maupun orang lain. Peran dari perguruan tinggi selalu dibutuhkan untuk mengangkat permasalahan yang ada, sehingga lembaga penelitian setiap daerah akan berusaha menyelesaikan permasalahan di daerah masing-masing, peran individu juga diperlukan yaitu kesadaran akan meningkatkan kualitas pertanian yang menghasilkan pangan secara merata bagi Indonesia. Jika setiap daerah berusaha memajukan daerahnya masing-masing, salah satunya dengan membeli bahan pangan untuk konsumsi ataupun bahan pangan untuk produksi yang dihasilkan petani di daerah masing-masing perputaran keuangan yang baik di daerah tersebut akan terjamin tapi imbasnya pada kurangnya pemerataan kebutuhan masyarakat yang tidak sama di setai daerah.

Pemerataan yang kurang sempurna akan menimbulkan kekurangan di daerah yang tertinggal, ini yang menjadikan kendala baru. Sehingga diperlukan penyelesaian masalah dengan pembatasan pengiriman daerah satu ke daerah lain. Penelitian akan hal ini mampu membantu melihat seberapa besar potensi keberhasilan dan kegagalannya. Inilah tugas lembaga penelitian termasuk perguruan tinggi.

Peran Media Sosial

Inovasi teknologi pertanian akan perkembang sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing, sehingga peran media sosial di daerah masing-masing mampu menunjang pemerataan informasi. Media sosial merupakan alat yang berlari secara cepat untuk menyebarkan informasi. Lembaga Penelitian yang kurang dipandang oleh masyarakat sebaiknya melakukan penyebaran informasi yang akurat dan aktual terhadap bidangnya melalui perantara media sosial.

Penyebaran informasi terkait permasalahan yang muncul di Indonesia terhadap inovasi teknologi pertanian akan mampu memberi motivasi atau semangat keinginan daerah-daerah yang membacanya, maka dari itu peran media sosial dalam menyalurkan atau memberikan informasi yang akurat dan aktual sangat dibutuhkan untuk memajukan masyarakat Indonesia walaupun hasilnya tidak berjalan secara cepat setidaknya langkah yang pasti dan tertata akan membantu Indonesia maju atau berkembang menuju lebih baik walau dengan jangka hasil yang lama.

Lembaga Penelitian yang tergabung di pemerintah atau masuk dalam jajaran kementerian ini harus dikenal oleh masyarakat luas, sehingga lembaga penelitian ini mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi Indonesia dengan bantuan masyarakat Indonesia mengetahui keberadaannya. Indonesia maju saat diinginkan oleh semua masyarakat, maka dari itu diperlukannya kerjasama yang baik untuk mewujudkan cita-cita yang luhur. Salah satunya potensi besar yang dapat dikembangkan Indonesia melalui inovasi teknologi pertaniaan guna meningkatkan pangan yang berkualitas, pangan yang berkualitas merupakan hasil inovasi masyarakat Indonesia seperti munculnya beberapa produk olahan pangan yang seharusnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, tidak menyalahkan masyarakat dengan perekonomian  yang tinggi tetapi kenyataannya mengatakan bahwa tingkat kegengsian mengalahkannya untuk membeli produk-produk dalam luar negeri. Faktor harga menjadi perdebatan, produk luar negeri dengan harga yang murah dibanding produk  lokal memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat perekonomian rendah. Pemikiran itu menyebar luas diseluruh lapisan masyarakat tapi turun tangan pemerintah sudah dilakukan dengan adanya pembatasan produk-produk luar masuk ke Indonesia ataupun pembebanan pajak terhadap produk-produk luar negeri, maka diperlukannya dukungan dari masyarakat untuk mampu membantu membatasi produk luar negeri dengan membeli produk-produk dalam negeri. Diimbangi dengan mengembangkan kualitas produk-produk dalam negeri sehingga dapat bersaing di pasaran Internasional.

Titik fokuskanlah penelitian terhadap segala bidang untuk beberapa orang karena setiap bidangnya memiliki unggulan-unggulan tersendiri untuk memajukan Indonesia,  penelitian yang merata dan penelitian akan kebutuhan apa yang diperlukan setiap daerah. Sehingga, penelitian terhadap inovasi pertanian akan menghasilkan kualitas pangan yang baik dengan melakukan penelitian sesuai dengan apa yang dibutuhkan daerah masing-masing, dan impelentasi terhadap daerah masing-masing menunjung keberhasilan penelitian yang dilakukan.

-Berjejak nama indah pemberian seorang ayah dan Ibu yaitu Nur Lailatul Farida yang akrab dipanggil Lala, dengan kota kelahiran Nganjuk, 10 Mei 1997 dan kota tinggal Kediri. Telah menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Institut Agama Islam Negeri Kediri dengan jurusan Ekonomi Syariah. Segudang kegemaran dan kesukaan terhadap hal-hal baru, karena dari hal-hal baru kita dapat menemukan sesuatu yang baru. Tak bisa lepas dari yang nama dunia kepenulisan, hanya beberapa puisi dan cerpen yang dimuat penerbit Indie begitu pula dengan novelnya.

Exit mobile version