Home / Berita / LP Ma’arif NU Siap Jadi Garda Terdepan Jaga Kebhinekaan

LP Ma’arif NU Siap Jadi Garda Terdepan Jaga Kebhinekaan

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jateng Drs. Nurhadi Amiyanto, M.Eng memukul gong sebagai tanda dibukanya Rakerwil

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jateng Drs. Nurhadi Amiyanto, M.Eng memukul gong sebagai tanda dibukanya Rakerwil

Persoalan bangsa saat ini dihadapkan pada isu-isu pudarnya  nasionalisme, intoleransi, dan lunturnya semangat kebhinekaan di masyarakat. Jika dibiarkan, cepat atau lambat akan berkembang menjadi persoalan serius yang dapat berpotensi   pada disintegrasi bangsa dan  mengancam keutuhan NKRI.

Demikian dikatakan oleh Ketua LP Ma’arif NU Jateng H. Agus Sofwan Hadi di hadapan peserta rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) LP Ma’arif NU Jateng, 11-12 Desember di Hotel New Siliwangi Semarang. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus wilayah dan perwakilan pengurus cabang dari 36 kabupaten/kota di Jawa Tengah.  Sejumlah tokoh penting juga hadir  seperti Ketua LP Ma’arif  Pusat KH. Arifin Junaidi, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jateng Nurhadi Amiyanto, Ketua PWNU Jateng H. Abu Hapsin Umar, Rois Syuriah PWNU Jateng KH. Ubaidillah Sodaqoh dan tamu undangan lain.

Lebih lanjut Agus menjelasakan  karenanya Rakerwil kali ini mengambil tema “Bersama LP Ma’arif NU, Kita Wujudkan Pendidikan yang Nasionalis, Religius, Bernafaskan Aswaja, untuk Menjaga Kebhinekaan”. LP Ma’arif NU Jateng kini memiliki lebih dari 6.000 madrasah/sekolah yang tersebar di Jawa Tengah.

“Sebagai insan pendidikan kita memiliki  tugas dan tangggung jawab   lebih besar untuk  menjaga kebhinekaan  yang selama ini sudah terjaga dengan baik.  Dengan potensi jumlah peserta didik yang sangat besar, dukungan sumberdaya manusia yang berkualitas Insya Allah madrasah/sekolah di bawah LP Ma’arif NU siap menjadi garda terdepan sebagai penjaga kebhinekaan” tegas Agus.

Rakerwil merupakan agenda rutin yang digelar setiap dua tahunan.  Kegiatan ini juga jadi media konsolidadi antara wilayah dan cabang, sarana evaluasi program-program yang akan dan belum dijalankan. Mater-materi yang dibahas antara lain persiapan Perkemahan Wirakarya Nasional (Perwimanas), Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema), Rapat Kerja Dinas (Rakerdin), Olimpiade Sains KeNUan, dan banyak lainnya.

Selain materi kelembagaan, peserta Rakerwil mendapatkan  informasi terbaru tentang kebijakan  di Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan. Hadir pula  memberikan pembelakan Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh. Zen Adv, Ogi LP Ma’arif NU Pusat, dan Indarti Suhadisiwi dari Kementrian Pendidikan Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*