Fri. Aug 23rd, 2019

LPM PWNU Jateng

Lembaga Pendidikan Ma'arif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah

MERIAHNYA PORSEMA KABUPATEN KENDAL

2 min read

Para pendekar pencak silat Pagar Nusa beraksi dalam upacara pembukaan Porsema (foto dindin)

Para pendekar pencak silat Pagar Nusa beraksi dalam upacara pembukaan Porsema (foto dindin)
Para pendekar pencak silat Pagar Nusa beraksi dalam upacara pembukaan Porsema (foto dindin)

Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Kab Kendal baru-baru ini menyelenggarakan Pekan Olah Raga dan Seni (Porsema) dan Olimpiade Sain dan Ke-NU-an (OSK) 2015. Kegiatan yang ini diikuti oleh 1.655 siswaMI-MTs-MA/SMK Ma’arif NU di Kabupaten Kendal ini  dibuka langsung oleh Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Tengah H. Agus Sofwan Hadi pada Jumat (30/1) lalu.

Ketua Panitia Porsema dan OSK 2015 Kabupaten Kendal, Suciptono, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini ada 23 lomba yang dipertandingkan. Lomba tersebut meliputi enam cabang olahraga, sembilan cabang seni, dan tujuh cabang sains dan Ke-NU-an.

“Kita ingin menjaring bibit-bibit berbakat bidang olah raga, seni, sains, dan Ke-NU-an dalam Porsema ini. Peserta yang ikut  merupakan perwakilan madrasah-madrasah yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Kendal. Mereka sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Nantinya para pemenang dalam ajang ini akan kita kirim ke Porsema Jateng yang rencananya akan diselenggarakan bulan Mei di Kebumen” ungkap Suciptono.

Suciptono melanjutkan bahwa   cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri atas,   bola voli, lari sprint 100 meter, tenis meja beregu, bulu tangkis, pencak silat seni Pagarnusa. Sedangkan cabang seni terdiri atas Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Cerdas Cermat Aswaja, kaligrafi, puisi beregu, debat Bahasa Inggris, Arab dan Indonesia, Pidato Bahasa Jawa, dan reportase kegiatan. Untuk bidang sains meliputi olimpiade biologi, fisika, kimia, matematika dan IPA serta LKIR dan Ke-NU-an.

Ketua LP Ma’arif NU Jateng H. Agus Sofwan Hadi  dalam sambutannya sebagai inspektur upacara berharap kegiatan ini benar-benar bisa menjadi ajang madrasah untuk  berkompetisi satu dengan yang lain.

“Saya atas nama Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU Jateng mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pengurus cabang yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini. Selamat   bertanding kepada para atlet dan perwakilan madrasah. Tunjukkan bahwa madrasah memang memiliki potensi dan bibit unggul di segala bidang  untuk membawa nama harum madrasah, daerah, dan bangsa Indonesia” kata Agus yang disertai tepuk tangan para peserta upacara.

Kegiatan Porsema ini akan berlangsung tiga hari, mulai Jumat-Minggu dan diselenggarakan di beberapa lokasi yakni   di MTS Al Hidayah, GOR Bahurekso, Stadio Utama Kendal, SMK NU 01   dan Gedung NU Kendal. Kabupaten Kendal   pernah meraih prestasi terbaik dengan menjadi juara bersama Kab. Kudus pada gelaran Porsema  Jateng  tahun 2012 yang diselenggarakan di Kab Kudus. (Muslihudin el Hasanudin)   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.