Fri. Aug 23rd, 2019

LPM PWNU Jateng

Lembaga Pendidikan Ma'arif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah

LUAR BIASA! TIM MA’ARIF NU JATENG JUARA UMUM PERGAMANAS 2015

3 min read

Sekretaris PW LP Ma'arif NU Jateng Sahidin, didampingi pimpinan Kontingen Khorul Muslimin dan Ahmad Jauhari saat menerima tropi Juara Umum Pergamanas dari Ketua PP Ma'arif Arifin Junaidi

Sekretaris PW LP Ma'arif NU Jateng Sahidin, didampingi pimpinan Kontingen Khorul Muslimin dan Ahmad Jauhari saat menerima tropi Juara Umum Pergamanas dari Ketua PP Ma'arif Arifin Junaidi
Sekretaris PW LP Ma’arif NU Jateng Sahidin, didampingi pimpinan Kontingen Khorul Muslimin dan Ahmad Jauhari saat menerima tropi Juara Umum Pergamanas dari Ketua PP Ma’arif Arifin Junaidi

Rasa haru dan bangga baru menyelimuti segenap Pengurus Wilayah  LP Ma’arif NU Jateng. Apa pasal,  karena Tim Pramuka LP Ma’arif NU Jateng baru saja memboyong  piala juara umum  dalam gelaran Perkemahan Regu Penggalang Ma’arif NU Nasional I (Pergamanas) 2015. Kegiatan yang diikuti oleh hampir 4.000 pramuka penggalang dari seluruh Indonesia itu dilaksanakan  di Ponpes Khas Kempek Cirebon Jabar 7-12 Januari 2015.  PW LP Ma’arif NU Jateng mengirimkan      62 regu yang beranggotakan  612 personil pramuka penggalang putra dan putri. Jumlah tersebut merupakan kontingen dari   22 cabang  kapubaten/kota di Jawa Tengah.

“Prestasi ini sangat membanggakan.  Sangat  prestise bagi kami. Sejak awal sudah terlihat kompetisi antarkontingen sangat ketat.   Beberapa daerah seperti Jawa Barat  dan Jawa Timur mengirim kontingen dalam jumlah besar. Jawa Tengah mengirimkan 612 personil. Kedua terbanyak setelah tuan rumah  Jabar. Jumlah kita  jauh lebih kecil dibandingkan tuan rumah, namun jiwa korsa kontingen Jateng  sungguh patut diacungi jempol. Kita sangat kompak. Mulai pengurus wilayah, pimpinan cabang, pimpinan kontingen, pimpinan regu, sampai anggota-anggotanya semua satu komando” ungkap Khoirul Muslimin Ketua Kontingen Jateng.

Lebih lanjut Khoirul mengatakan bahwa kekompakan kontingen Jateng memang terlihat lebih menonjol dibandingkan kontingen lainnya. Mulai seragam yang dikenakan peserta, yel-yel, sampai antusiasme dan energi peserta dari awal sampai akhir kegiatan membuat kontingen lain geleng-geleng kepala.

“Cuaca yang yang  tidak bersahabat dan hujan yang sering turun memang membuat kondisi perkemahan  tidak nyaman. Namun berkat motivasi dan dukungan penuh dari kakak-kakak pembina dari kontingen cabang,  semangat dan energi mereka tetap menyala. Perjuangan mereka  berbuah prestasi. Kita menjadi juara umum” lanjut Khoirul.

Ketua LP Ma’arif NU Jateng H. Agus Sofwan Hadi saat ditemui menyatakan bahwa keberhasilan Tim Jateng   di Pergamanas 2015 ini berkat kerja keras tim.  Kesuksesan ini tidak lepas dari peran aktif cabang-cabang dalam membina madrasah di wilayahnya. “Saya mengapresiasi kerja keras cabang-cabang, terutama yang mengirimkan kontingennya ke Pergamanas kemarin.  Luar biasa semangatnya. Sangat kompak. Kami  mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa dari cabang-cabang atas partisipasinya  dalam Pergamanas 2015 ini. Keberhasilan ini adalah milik  bersama, milik madrasah-madrasah  Jawa Tengah” ungkap Agus.

Dalam Pergamanas 2015 diperlombakan berbagai bidang antara lain bidang olah raga, seni, olimpiade kebangsaan dan ke-NU-an, pertanian, dan bidang lainnya. Tim Jateng menyabet 18 kejuaraan baik kategori tim maupun  regu. Untuk kategori tim, Jateng  menyabet  Juara I Karnaval Budaya dan  Juara I Budidaya Tanaman. Sedangkan prestasi lain  diraih oleh kontingen-kontingen cabang dalam lomba kerapian tenda, keagamaan, schooting skill, olimpiade 4 pilar, olimpiade kebangsaan, olimpiade Ke-NU-an, LKTI, dan pentas seni.

Kegiatan Pergamanas 2015 ini dibuka oleh Menteri Agama RI H. Lukman  Hakim Syaifudin. Upacara pembukaan yang diikuti oleh 3980 pramuka penggalang Ma’arif NU dari seluruh Indonesia ini dihadiri juga oleh  tokoh-tokoh penting antara lain Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrowi, Ketua PBNU Said Aqil Siraj, Ketua LP Ma’arif Arifin Junaidi, Pengurus Fatayat NU Arzeti Bilbina, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, dan pejabat-pejabat daerah lain. Dalam penutupan Pergamanas kemarin, Ketua PP Ma’arif NU mendeklarasikan bahwa Pergamanas    tahun 2017 akan diselenggarakan di Lombok Nusa Tenggara Barat. (Muslihudin el Hasanudin).

[button color=”red” size=”medium” link=”http://maarifnujateng.or.id/hasil-perolehan-juara-jawa-tengah/” ]Hasil Perolehan Juaraa[/button]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.