Home / Apakabar Sekolah/Madrasah ? / Antusiasme Pelaksanaan UTS di SMK Ma’arif 2 Gombong

Antusiasme Pelaksanaan UTS di SMK Ma’arif 2 Gombong

UntitledGombong (8/10/2014) SMK Ma’arif 2 Gombong menyelenggarakan Ulangan Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dimulai Senin, 6 Oktober 2014 Kemarin dan akan berakhir pada hari Selasa, 14 Oktober 2014 mendatang.
Perlunya dilaksanakan Ulangan Tengah Semester (UTS) karena untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan peserta didik dalam menyerap ilmu yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Guru selama setengah semester berjalan. Pada pelaksanaan Ulangan Tengah Semester (UTS) hari pertama diwarnai hujan deras sehingga ada beberapa peserta didik yang terlambat datang, namun tidak mengurangi kehidmatan Ulangan tersebut.

Ketua Panitia Ulangan Tengah Semester (UTS) Gatot Kusmardono, S.Pd. menyampaikan kepada Tim redaksi Jumlah peserta didik yang ikut dalam Ulangan Tengah Semester (UTS) tahun pelajaran 2014/2015 kali ini sebanyak 1118 orang siswa, yang terdiri dari : Kelas X TAV 42 siswa (1 rombel), Kelas X TPTU 62 siswa (2 rombel), Kelas X TKR 261 siswa (6 rombel), Kelas XI TAV 36 siswa (1 rombel), Kelas XI TPTU 36 siswa (1 rombel), Kelas XI TKR 278 siswa (7 rombel), Kelas XII TAV 36 siswa (1 rombel), Kelas XII TPTU 34 siswa (1 rombel) dan Kelas XII TKR 333 siswa (8 rombel).

Setelah kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS) selesai, maka semua guru mata pelajaran diwajibkan mengumpulkan nilai yang nantinya akan direkap dan dimasukan kedalam KHMS yang akan dibagikan ke masing-masing wali murid pada tanggal 1 November 2014 mendatang. Imbuh Gatot.

Seksi Pengawasan Ulangan Tengah Semester (UTS) Siti Istiqomah, S.Pd. menyampaikan “Pengawasan peserta UTS dilakukan oleh semua guru dan karyawan yang sudah terjadwal oleh panitia dengan pengawasan yang cukup ketat diantaranya meminimalkan siswa yang menyotek dan saling kerjasama dalam menyelesaikan soal Ulangan para pengawas mengumpulkan tas dan perlengkapan lainnya di depan kelas, jadi hanya alat tulis saja yang ada dimeja peserta”

“Pengawasan secara ketat dilakukan sebagai upaya pembiasaan berlatih kejujuran dan mengembangkan rasa percaya diri siswa dalam menjawab soal-soal ulangan, untuk itu siswa dituntut untuk mempersiapkan diri dengan belajar di rumah, serta hasil yang diperolehnya pun akan menjadi acuan sejauh mana kemampuan siswa dalam proses belajarnya”, ujar Isti.

M. Fauzi salah satu peserta didik dari kelas XI TKR 2 ketika diwawancari tim redaksi mengatakan “kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS) ini membuat saya jadi rajin belajar dan disiplin waktu serta saya kepingin tau hasil pekerjaan saya sendiri, pak. Karena saya mengerjakan tes ini nggak nyontek” katanya tegas.

Peserta lain Pardianto kelas X TKR 1 mengungkapkan “baru pertama kali ini saya mengikuti Ulangan Tengah Semester di SMK Ma’arif 2 Gombong, jadi saya perlu belajar lebih giat untuk mendapatkan hasil yang baik.”

Kontributor : Saifudin Madu Go

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*