Fri. Aug 23rd, 2019

LPM PWNU Jateng

Lembaga Pendidikan Ma'arif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah

Lembaga Pendidikan Harus Tanamkan Nilai Kesederhanaan

1 min read

imagesKudus,
Dunia pendidikan perlu  menanamkan kembali nilai-nilai kesederhanaan kepada anak didik. Penanaman itu sangat efektif dan diperlukan di tengah krisis nilai kebersahajaan di tengah masyarakat belakangan ini.

Pernyataan bernada otokritik ini disampaikan guru MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Mahfudz Nahrowi kepada NU Online, Selasa (6/5).

Menurutnya,  kasus-kasus kriminal yang belakangan sering muncul ke permukaan justru sebagian besar dari sekolah-sekolah elit.

“Dari sini, budaya dan prilaku sederhana sangat penting ditanamkan sejak dini melalui sekolah atau madrasah,” ujar Mahfudz.

Prilaku sederhana dalam lingkungan pendidikan, kata Mahfudz, harus diawali dari kesadaran guru dan pemangku kepentingan lainnya. Termasuk pula menghilangkan anggapan masyarakat bahwa sekolah maju itu terukur dari kemegahan gedungnya dan penampilan necis gurunya.

“Cara pikir masyarakat seperti itu harus diubah. Sekolah yang bagus itu terletak pada akhlak dan karakter outputnya. Bukan dari  mahalnya SPP dan sempurnanya nilai ujian,” tambah Wakil Ketua PAC GP Ansor Gebog ini.

Ia menilai lahirnya sikap hedonis dan materialistis diakibatkan lahirnya paradigma materi. Hal demikian harus diubah menjadi paradigma moral, tawadlu, dan kesahajaan dalam pola pikir dan diri siswa.

“Begitu pula, perlu juga adanya dukungan orang tua dan lingkungan sekolahnya yang terkadang mempengaruhinya. Misal, sekolah diajarkan tidak boleh buang sampah di sungai, tapi di rumah malah disuruh membuang di sembarang tempat,” kata Mahfudz mencontohkan.

Untuk mengaplikasikan hidup sederhana, pihaknya mengusulkan adanya gerakan kesederhanaan sarana mewah saat pergi ke sekolah. “Kalau perlu adakan gerakan stop memakai mobil ke sekolah baik guru, wali murid maupun pejabat terkait,” pungkas Mahfudz. (Qomarul Adib/Alhafiz K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.